Potensi Kerjasama Sekolah Vokasi Undip Dalam Staff-Student Mobility Program Dengan Perguruan Tinggi Korea

image1

Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro menyelenggarakan Sosialisasi Potensi Kerjasama Sekolah Vokasi UNDIP dengan Perguruan Tinggi Korea pada tanggal 5 April 2017 bertempat di Aula Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro. Acara dibuka oleh Profesor Budiyono selaku Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dengan dihadiri oleh para Ketua dan Sekretaris Program Studi serta civitas akademika di lingkungan Sekolah Vokasi Undip. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan competitiveness bagi para mahasiswa dan dosen di Sekolah Vokasi UNDIP di tingkat internasional.

Dalam sambutan pembukaan acara, Dekan Sekolah Vokasi UNDIP menyampaikan bahwa salah satu target utama untuk mendukung visi UNDIP sebagai Universitas Riset yang unggul, ialah meningkatkan international recognition baik tingkat Fakultas maupun Program Studi. Dilanjutkan “Kesempatan kerjasama Sekolah Vokasi UNDIP dengan perguruan tinggi di Korea merupakan potensi yang besar untuk dijajaki. Letak geografis Korea di Asia menjadi salah satu daya tarik utama dimana nilai-nilai budaya ketimuran lebih dekat dengan budaya Indonesia. Selain itu, Korea termasuk dalam salah satu negara maju di Asia dengan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi” ujar Profesor Budiyono.

Sosialisasi kerjasama dengan Perguruan Tinggi Korea diisi dengan paparan dari Supriadianto, SS., MA, Manajer Humas, Informasi Teknologi dan Komunikasi Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, Jogjakarta. “Pemerintah Korea memberikan dukungan penuh di bidang kerjasama Perguruan Tinggi, khususnya dengan Indonesia. Kesempatan staff exchange, joint research, student exchange, summer school dan program ekstensi dari jenjang Diploma ke Sarjana terbuka luas baik melalui beasiswa dan biaya swadaya”. Acara berlangsung dalam dua sesi dimana sesi pertama berisi paparan mengenai strategi kerjasama internasional dalam program out going mobility. Sedangkan sesi kedua acara berisi tentang diskusi mengenai potensi kolaborasi Sekolah Vokasi UNDIP dengan berbagai Perguruan Tinggi Korea. (AS)