Mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri 2019 mengikuti penelitian di Badan Riset dan Inovasi Naasional (BRIN). Daffa Ikhlasul Amal merupakan mahasiswa 2019 dari Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP) yang kini sedang menjalankan penelitiannya di BRIN. Pada awal tahun 2023 Daffa dikabarkan lolos program BARISTA (Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi) 2022 gelombang II dari BRIN.

Penelitian yang dibawa berjudul “Pengembangan Membran Berbasis Kitosan dengan Aditif Nanopartikel Silika Sebagai Membran Hidrofobik dalam Pemurnian Biodiesel”. Daffa menjelaskan dirinya tertarik dengan perkembangan membran, dengan demikian ia percaya bahwa bidang ini memiliki potensial yang besar dan banyak. Dengan bantuan program BARISTA Daffa berkesempatan untuk meneliti dan menggali risetnya di pengembangan membran lebih lanjut. Dalam pengalamannya mendaftar di program tersebut, ia memiliki rintangan tersendiri yang tidak biasa ia jumpai di program penelitian pada umumnya. Hal ini melatih dirinya dalam kepercayaan diri, bahwa materi riset yang ia pilih memiliki potensial.

Program BARISTA bertujuan untuk mendukung kepada talenta riset dan berinovasi untuk memperluas jejaring kerjasama. Target peserta akan di tunjukkan kepada mahasiswa jenjang DIV/S1, S2, S3. Program ini memberi bantuan berupa tunjangan UKT dan dana bantuan riset. Selain berkesempatan melakukan  penelitian di tempat yang  ternama, peneliti dapat berkolaborasi bersama pihak-pihak lain yang berlatar belakang riset yang berbeda-beda pula. “ Di sini (BRIN) saya mendapatkan peluang relasi para peneliti di BRIN dan juga saya dapat berkesempatan meng-exposure atau mempublikasi kan riset saya” ujar Daffa.

Daffa berkesempatan membagi tips bagi mahasiswa yang ingin bergabung di dunia riset penelitian. Menerut daffa terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu big 3 (basic knowlagecritical thinking, dan problem solving). Tiga dasar ini perlu didalami oleh seorang peneliti untuk melatih kemampuan saat penelitian di lapangan langsung.

Prestasi Daffa mencerminkan jiwa muda yang bersemangat mengeksplorasi minat yang dimiliki. ia percaya dalam mendalami suatu pengetahuan harus konsisten sehingga hasilnya pun maksimal. Pengalaman selama ia menjalankan penelitian BARISTA, bahwa aktivitas sangat bermanfaat dan belajar banyak hal yang baru di dunia riset. Sehingga mahasiswa yang ingin terjun ke dunia penelitian riset dapat memanfaat kan program-program beasiswa seperti BARISTA yang menunjang individual yang berminat di dalam riset. (SDGs SV Undip)