SEMARANG (Jatengdaily.com)- Tim usaha Maqaroni Seblak MS menjadi salah satu tim yang lolos pendanaan Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi 2023. Tim ini terdiri dari Imam Fahmi Kamaluddin, Puji Nurhidayah, dan Hanif Wening Nissa Aulia, adalah mahasiswa tahun ketiga di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip).

Imam Fahmi Kamaluddin, Ketua Tim mengatakan, pada tanggal 6 Agustus 2023, tim Maqaroni Seblak MS dinyatakan lolos pendanaan dari proposal yang diajukan dan kemudian melakukan penandatanganan kontrak Program 100 Wirausaha Muda ini pada tanggal 11 Agustus 2023.

Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi adalah program tahunan yang diadakan oleh Sekolah Vokasi Undip khusus untuk mendukung mahasiswa-mahasiwinya yang tertarik dan memiliki jiwa kewirausahaan agar dapat berwirausaha dan mengembangkan potensi berbisnis.

Imam mengatakan, usaha Maqaroni Seblak MS dimulai dari tahun lalu. Diawali dengan menjual kemasan kecil makaroni pedas rasa daun jeruk, kini Maqaroni Seblak MS sudah memiliki tiga varian rasa pedas dengan level yang berbeda dan tiga pilihan ukuran kemasan. Semakin bervariasinya pilihan produk makaroni yang disajikan menghantarkan usaha milik mereka semakin mapan dan mempunyai lebih banyak pelanggan.

Pada mulanya, penjualan Maqaroni Seblak MS dilakukan melalui sistem pemesanan saja. Kian banyak peminat di kalangan teman-teman Imam dkk., Maqaroni Seblak MS pun dijajakan secara langsung di dekat ruang-ruang kelas mahasiswa Sekolah Vokasi Undip. Mereka juga membuka toko online di sosial media untuk calon pembeli yang ingin memesan dengan mudah produk Maqaroni Seblak MS.

Setelah mendapat pendanaan dari Program 100 Wirausaha Muda, pendapatan Maqaroni Seblak MS satu bulan ini terpantau meningkat dari bulan sebelumnya. Hal ini tentu karena ditunjang modal besar yang diterima dari program tersebut sehingga tim Imam berani mengambil langkah yang besar pula.
“Alhamdulillah, di tahun ini mendapat pendanaan karena lolos Program 100 Wirausaha Muda. Dana tersebut kami gunakan sebaik mungkin dengan memperhatikan peluang dan keuntungannya,” ujar Imam.

Heny Kusumayanti, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing sangat bangga dengan kegiatan positif mahasiswanya dan mengapresiasi tinggi semangat berwirausaha mereka. “Dengan mengikuti Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi tentu menjadi langkah sangat baik untuk adek-adek mahasiswa. Dana dari program ini bisa menjadi modal untuk mengembangkan usaha sehingga memperluas pasar. Semoga produk Maqaroni Seblak MS semakin banyak peminatnya dan sukses serta berkah,” ungkapnya, Kamis (12/10/2023) dalam rilisnya.

Tim Maqaroni Seblak MS juga mengambil kesempatan dalam pengembangan usahanya dengan mengikuti expo di acara ODM SV pada tanggal 16 September 2023. Pengunjung sangat antusias dengan adanya expo tersebut dan banyak yang berkunjung ke stan Maqaroni Seblak MS untuk membeli dan mencoba produk mereka.

Inovasi yang terus digencarkan dan usaha mengembangkan bisnisnya ini lah yang dilihat oleh penyelenggara Program 100 Wirausaha Muda sehingga tim Maqaroni Seblak MS lolos dan mendapat pendanaan dari Sekolah Vokasi Undip 2023. Mereka membuktikan hasil usaha keras membuahkan hasil yang terbaik

Sumber : https://jatengdaily.com