Sekolah Vokasi Univeristas Diponegoro menjadikan sinergitas antarperguruan tinggi menjadi langkah strategis untuk mewujudkan indikator standar pencapaian kerja. Dengan alasan tersebut, menjadikan Sekolah Vokasi UNDIP memperluas kerjasama dengan berbagai instansi salah satunya perguruan tinggi. Universitas Maritim AMNI Semarang merupakan perguruan tinggi yang dituju Sekolah Vokasi UNDIP untuk menjalin kerjasama pada bidang kemaritiman dan Logistk. Dekan Sekolah Vokasi Undip Prof Dr Budiyono mengatakan, kerjasama diambil terkait dengan tridharma perguruan tinggi. “Misal mendukung penelitian, pelatihan dan pendidikan,hingga pengembangan sumber daya manusia di bidang kemaritiman,” tuturnya pada Selasa 5 Maret 2024.

Tujuan Sekolah Vokasi UNDIP menjalin kerjasama dengan Universitas Maritim AMNI Semaranga adalah agar dapat mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di dunia kerja dan industri. Menurut Prof Budiyono, kolaborasi antarkampus ini dilaksanakan pada area Program Studi Sarjana Terapan Manajeman dan Administrasi Logistik dan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan. Kedua program studi tersebut sangat erat kaitannya dengan aspek kemaritiman dan logistik. Melalui kerjasama ini supaya nantinya mahasiswa dapat lebih paham terkait industrik logistik modern, khususnya dalam bidang jasa pengiriman barang besar, kargo, pelayaran internasional, transportasi terintegrasi, serta aspek berbagai kemaritiman lainnya. Selain itu menyangkut pelatihan dan training dan perolehan sertifikasi di bidang kemaritiman.

Prof Budiyono memastikan strategi ini signifikan dalam pendidikan praktis para mahasiswa  manajemen dan administrasi logistik. Selain itu dapat menghubungkan teori dan pengalaman praktik serta dapat menyediakan pendidikan yang relevan dan berorientasi pada industri modern. Kerjasama dilakukan untuk saling mengisi dan meningkatkan sumber daya yang ada, bukan untuk saling bersaing.