PT Sriboga Flour Mill bersinergi dengan Sekolah Vokasi Undip membantu pengembangan bisnis UKM binaan berbasis terigu dari aspek manajemen usaha. Kegiatan Seminar Sharing Bisnis UKM diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UKM dalam mengelola bisnisnya.

GM Factory PT Sriboga Flour Mill Rike Sundari mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Sriboga melalui Divisi Service & Empowerment menjalin kemitraan dengan instansi-instansi baik dari pemerintah maupun swasta. ”Edukasi ke mitra UKM ini agar mereka mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk bisa berinovasi dan maju dalam manajemen usahanya,” kata Rike usai penandatanganan kerjasama dengan Sekolah Vokasi Undip, Selasa 20 September 2022.

Menurut Rike, sejak awal berdiri perusahaan ini tumbuh bersama UKM tidak hanya sebatas pembeli terigu, tapi juga bagaimana membantu dalam pengelolaan bisnis jauh lebih berkembang. ”UKM ini tidak cukup hanya kemampuan teknik tapi juga keilmuan dari sisi softskillnya dan Sekolah Vokasi Undip memiliki kemampuan tersebut membantu kami membina UKM terutama di Semarang,” imbuhnya.

Sinergi dengan Sekolah Vokasi Undip ini menjalankan komitmen program pemberdayaan UKM dan program pengabdian masyarakat. Hadir dalam kesempatan ini Dekan Sekolah Vokasi Undip Prof Dr Ir Budiyono M.Si dan Kaprodi Sarjana Terapan Akuntasi dan Perpajakan Unidip Drs. Dul Muid, M.Si, Akt beserta jajarannya.

”Dengan bonus demografi tahun 2030 nantinya dukungan pendidikan vokasi yang kuat diperlukan dan kami sudah menggandeng industri, termasuk juga pendidikan penelitian serta pengabdian masyarakat,” kata Prof Budiyono. Ditambahkan, dalam pendidikan vokasi tentu dari dosen juga dibutuhkan dari kalangan industri sebagai instrukturnya untuk memberi bekal pada mahasiswa.

”Sinergi inilah yang sedang kami bangun untuk menyiapkan pasokan tenaga kerja bagi industri yang sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas,” imbuh Prof Budiyono. Seminar Sharing Bisnis UKM menghadirkan dua pembicara yakni dengan topik Pengelolaan SDM oleh Pegiat UKM Irfan Wahyudi yang merupakan Penggiat UKM, Owner Bakpia 701.

Materi kedua dengan topik Manajamen Keuangan dan Perpajakan dibawakan Dosen Fakultas Sekolah Vokasi Undip Apip, SE.,M.Si. Seminar juga diisi Baking Demo oleh Chef Sriboga yang memberikan resep-resep inovatif serta berbagi tips dan trik ke peserta yang mayoritas pelaku UKM berbasis terigu.

Sumber: Suaramerdeka.com