Raut gembira terpancar dari wajah Dwi Rini Yogyawati dan teman-temannya yang tergabung dalam kelompok UMKM Batik Gandhes Luwes Craft, Pudak Payung, Semarang, saat menerima bantuan peralatan membatik, sotware pengelolaan produksi, dan media pemasaran online dari Sekolah Vokasi Undip, Senin (15/6/2020).

“Waahh senang sekali dapat perhatian dan bantuan ini, sangat membantu kami untuk mengembangkan hasil batik Gandhes Luwes Craft,” tutur Dwi Rini Yogyawati yang juga Ketua kelompok UMKM.

Menurut perempuan yang akrab dipanggil Rini, kelompoknya beranggotan 15 perajin memproduksi batik sibhori, itajime, arashi, dan orinoi.“Bantuan dari Sekolah Vokasi Undip ini melecut kami untuk lebih bagus lagi memproduksi batik, apalagi ke depan kami akan memproduksi batik cap dan batik tulis sebagai pengembangan produk,” ungkapnya.

Bantuan dari Sekolah Vokasi Undip untuk kelompok UMKM Batik Gandhes Luwes Craft, Pudak Payung ini menurut Ketua Program Studi, Dr. Seno Darmanto, ST., MT.,  bertujuan untuk mengembangkan produk batik dan meningkatkan produktivitas pada UMKM tersebut.

Tidak hanya peralatan, usai kegiatan penyerahan juga di isi dengan diskusi produksi batik, justifikasi kebutuhan produksi dan pengelolaan produksi, dan pelatihan penggunaan alat dan software dalam bentuk tutorial.

“Peralatan yang diberikan kepada UMKM Gandhes Luwes Craft diantaranya adalah tungku dan wajan pemasak, cetakan untuk batik cap, canthing dan meja untuk proses cap batik. Sedangkan software untuk pengelolaan produksi adalah aplikasi Ms. Excel dan pemasaran melalui internet.“ jelas Seno Darmanto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah untuk tumbuh dan berkembangnya UMKM Gandhes Luwes Craft agar bisa berkontribusi dalam pembangunan melalui pemberdayaan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif dalam bidang batik,” harap Seno saat penyerahan bantuan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, tambah Seno Darmanto, merupakan kegiatan rutin bagi dosen dalam melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik didukung 3 kelompok pelaksana dengan ketua masing-masing  Ir. Murni, MT., Dr. Wiji Mangestiyono, MT., dan Didik Ariwibowo, ST., MT.

Artikel ini telah tayang di : https://radarsemarang.jawapos.com/webtorial/2020/06/16/dongkrak-produksi-umkm-sekolah-vokasi-undip-berikan-bantuan-peralatan/
Copyright © Radar Semarang Digital