Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro adalah unit yang membidangi penelitian dan pengabdian para dosen dan mahasiswa di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Penelitian sendiri ada 2 jenis, yaitu penelitian terapan unggulan dan penelitian terapan strategis. Begitu juga dengan pengabdian, ada pengabdian yang didanai oleh DIPA Undip dan penelitian dana mandiri.

Penelitian Terapan Unggulan ialah penelitian terapan yang mengacu pada bidang unggulan yang telah ditetapkan dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) perguruan tinggi. Penelitian ini harus terarah dan bersifat top-down atau bottom-up dengan dukungan dana, sarana dan prasarana penelitian dari perguruan tinggi serta stakeholders yang memiliki kepentingan secara langsung maupun tidak langsung. Sasaran akhir penelitian ini adalah dihasilkannya inovasi teknologi pada bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional. (read more)

Kegiatan Penelitian Terapan Strategis merupakan tanggapan atas pencanangan 6 bidang strategis nasional oleh Presiden RI pada tahun 2008, yang memerlukan penelitian intensif untuk mengatasi berbagai masalah bangsa Indonesia. Keenam bidang strategis tersebut dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti menjadi 12 tema isu strategis untuk diteliti dengan mengakomodasi semua cabang keilmuan di perguruan tinggi. (read more)

Rekapitulasi Penelitian Tahun 2023

No. Jenis Nomor SK Judul Jumlah Dosen Terlibat Jumlah Pendanaan
1 Penelitian Terapan Unggulan No.20/UN7.M2/HK/II/2023 2 8 Rp 80.000.000
2 Penelitian Terapan Strategis No.20/UN7.M2/HK/II/2023 30 79 Rp 760.000.000
3 Penelitian Terapan Pengembangan Vokasi No.42/UN7.M2/HK/III/2023 5 6 Rp 80.000.000

Program pengabdian di Sekolah Vokasi terdiri dari 3 jenis, yaitu pengabdian dana DIPA, pengabdian mandiri, dan pengabdian unggulan program studi. Tujuan dari program ini adalah peningkatan mutu kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan penerapan hasil penelitian staf pengajar di Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro untuk membantu mengatasi permasalahan di masyarakat. (read more)