Mahasiswa Sekolah Vokasi ubah daging kelapa  menjadi cumi crispy hal dilakukan oleh kelompok tim binaan Program 100 Mahasiswa Wirausaha Muda Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Tahun 2021 yang dilakukan oleh Tata Firmansyah, Dennysa Al Hikmah, Dita Sofiana Sari, Nabila Raihana Syahiroh dan Panisha Mustikarini Mahasiswa Jurusan D4 Akuntansi Perpajakan Angkatan 2019.

Awalnya kita memiliki beberapa kesamaan salah satunya yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Seperti apa gaya hidup yang tidak sehat? Diantaranya seperti begadang atau jam tidur yang tidak teratur, malas olahraga dan sering mengonsumsi junk food. Gaya hidup yang tidak sehat adalah suatu gaya hidup seseorang melakukan kegiatan yang merugikan kesehatannya. Sayangnya, kini banyak orang yang menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga kematian. Karena alasan itulah kami ingin menjual produk makanan yang mengolah daging kelapa sebagai pengganti dari daging cumi. Banyak yang tidak tahu kalau makanan yang berbasis tumbuh-tumbuhan itu bisa dimasak sedemikian rupa sehingga menyerupai masakan yang menggunakan daging.

Saat ini dengan konsep itu kami menjual produk vegetarian yang bukan hanya menjual makanan sehat ala vegetarian dan vegan tetapi juga enak. Peluang bisnis usaha cumi vegetarian kami sangat menjanjikan karena budaya konsumsi dan kebiasaan makan atau mencicipi makanan ringan yang sehat hampir digemari oleh setiap orang, baik itu dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa. Dari hasil pengamatan di daerah tempat tinggal kami, ternyata belum ada yang terjun di dalam usaha bisnis kuliner cumi crispy vegetarian ini. Oleh karena itu kami mencoba mengambil peluang usaha melalui Program Wirausaha Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dengan nama produk BakalBakul.Ku, yang artinya dalam Bahasa Jawa yang artinya bahan berjualan. Kata “Ku” sendiri bermakna usaha ini milik setiap owner. Bisa di cek melalui akun media sosial kami, @bakalbakul.ku

Strategi pemasaran yang di lakukan dalam usaha kami ini berupa cumi vegetarian yang akan disebarkan keberbagai tempat di Indonesia. Dengan rasanya yang enak serta dikemas secara praktis untuk kemudahan konsumen menikmatinya dan menyehatkan, Harga cumi vegetarian Rp.12.000,-/bungkus dan untuk meningkatkan hasil penjualan, maka kami juga melakukan promosi. Beberapa media untuk promosi ini di antaranya, pamflet, poster, sosial media, dan stiker. Omset Perbulan yang didapatkan dari usaha bisnis penjualan kami sebenarnya tidak menentu tergantung dengan permintaan pasar namun selama usaha ini berjalan omset dalam sebulan yang kami dapatkan ialah sekitar Rp 1.500.000. Rencana selanjutnya dalam menjalankan dan mengembangkan usaha ini kami akan terus membranding produk kami melalui media sosial dan e-commerce dan harapan kedepannya ialah usaha yang kami jalankan dapat berkembang pesat.

Harapan ke depan usaha cumi crispy vegetarian bisa terus berjalan dengan baik, menghasilkan omset yang terus meningkat, dan bisa bermanfaat bagi para konsumen. Semakin dikenal banyak orang adalah harapan terbesar kami, karena hal itu yang akan mendorong usaha kami untuk terus maju.

Share this :