Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro telah melakukan penjajakan kerja sama program double degree dengan Management and Science University (MSU) Malaysia pada Senin, 6 Desember 2021. Acara penjajakan kerja sama ini dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting dan dibuka oleh Prof Dr. Budiyono, M.Si selaku Dekan Sekolah Vokasi. Selain dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan international office (IO) dari UNDIP dan Sekolah Vokasihadir. Acara ini juga dihadiri oleh jajaran direksi dan wakil dekan I dari tiap fakultas Management and Science University (MSU). Kerjasama ini diinisiasi Bapak Ahmad Pitra MSU dan Fitri Alfarisy UNDIP sebagai bentuk perluasan kerjasama antar institusi pendidikan di Asia.

Fokus pembahasan dalam acara penjajakan ini adalah kerja sama dalam Program Double Degree, student exchange dan staff exchange. Program yang diharapkan dapat dilakukan dengan segera adalah staff exchange, yaitu pertukaran antar dosen pengajar, serta program merdeka belajar kampus merdeka, dimana mahasiswa Sekolah Vokasi dapat mengambil beberapa mata kuliah di Management and Science University (MSU) selama satu semester dan program Summer School di UNDIP dan MSU. Selain itu, program lain dari Management and Science University (MSU) yang bisa diikuti oleh mahasiswa SV UNDIP adalah Global Mobility Program (GMP) untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan international experience selama satu semester di Management and Science University (MSU). Kemudian ada Global Leadership Program (GLP) yang mengkombinasikan tiga aktivitas yaitu akademik, sosial, dan budaya.

Kedua universitas berencana untuk mendiskusikan lebih lanjut dan intens antar prodi terkait kerja sama ini, dan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatangan MoU antara UNDIP dan MSU sebagai bentuk follow-up dari kegiatan penjajakan kerjasama ini. Pihak UNDIP dan MSU sama-sama memberikan respon positif dari kegiatan penjajakan ini dan diharapkan dengan  adanya kerja sama ini nantinya adalah kualitas dan mutu dari masing-masing universitas akan semakin meningkat dan membuat vokasi semakin juara. Vokasi Juara, UNDIP Jaya.

Share this :