Pada hari Kamis, 21 Desember 2023 telah dilaksanakan Diseminasi hasil Program MBKM tentang penyusunan Rencana Tata Ruang oleh Mahasiswa Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (PTRP) angkatan 2020 Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro di Kabupaten Purworejo yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor DPUPR Kabupaten Purworejo. Acara ini dimulai pada pukul 10.30 WIB yang dihadiri oleh Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Kabupaten Purworejo (Yusuf Syarifudin, S.T., M.Sc.), Ketua Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (Khristiana Dwi Astuti S.T., M.T.), serta jajaran staf DPUPR Kabupaten Purworejo dan Dosen Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (Pangi, S.T., M.T.; Pratamaningtyas Anggraini, S.T., M.T.; Reny Yesiana, S.T., Syachril Warasambi Mispaki, S.T., M.Eng.; M.T.; Dr. Intan Muning Harjanti, S.T., M.T.; Bintang Septiarani, S.T., M.T.). Acara dimulai dengan sambutan kedua belah pihak yang diawali oleh Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Kabupaten Purworejo dan Ketua Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan.

Acara inti dimulai dengan pemaparan produk hasil studi mahasiswa PTRP angkatan 2020 selama tiga semester (kurang lebih 1,5 tahun). Pemaparan hasil Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) oleh mahasiswa yang diawali oleh tim RDTR KPI (Kawasan Peruntukan Industri) dan dilanjutkan dengan tim RDTR BOB (Badan Otorita Borobudur). Setelah pemaparan dilakukan oleh kedua tim, dilakukan tanya jawab oleh pihak DPUPR kepada mahasiswa terkait hasil masing-masing perencanaan kawasan yang telah disusun oleh mahasiswa PTRP angkatan 2020. Sesi tanya jawab ini cukup menarik karena membandingkan dan menyatukan dua perspektif yang berbeda, yakni dari sisi akademisi (mahasiswa) dan praktisi di lapangan (DPUPR) sehingga menciptakan pertanyaan-pertanyaan kritis yang dapat menjadi bahan pembelajaran oleh kedua belah pihak.

Dalam rangkaian penutup acara diseminasi ini, dilaksanakan penyerahan produk hasil studi mahasiwa PTRP angkatan 2020 berupa buku profil kecamatan yang termasuk dalam kawasan perencanaan serta buku laporan perencanaan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dari Kawasan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) kepada DPUPR Kabupaten Purworejo. SDGs SV Undip

 

Share this :