Rofik Wahyu Hidayat, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Kimia Industri Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro berhasil meraih juara tiga untuk kategori Program Diploma dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres 2024). Pelaksanaan final dilakukan secara luring di Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal 24 – 28 Juli 2024. Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan berlangsung setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Pada final ini, tersaring 31 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Dekan SV Undip Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si mengatakan, sangat bersyukur atas capaian Rofik Wahyu Hidayat. Pasalnya, selain membawa nama baik Undip, juga akan menjadi contoh dan inspirasi mahasiswa lain untuk menopang kemajuan Undip dan bermafaat bagi bangsa dan negara. Acara ditutup oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Tatang Muttaqin, S.Sos.,M. Ed., Ph.D. Dalam kesempatan itu Tatang Muttaqin, mengatakan ajang ini merupakan pencapaian luar biasa bagi peserta yang masuk dalam Pilmapres 2024. Mereka ada dalam level terbaik dan mahasiswa terbaik di Indonesia. ”Adik-adik merupakan talenta yang akan menjadi pemenang di bidangnya. Tidak hanya kemampuan sosial, akademik dan portopolio, tapi semua lini,” jelasnya.

Menurut Tatang, pengembangan talenta, merupakan salah satu bentuk untuk mengembangkan kegiatan di kampus. Sehingga mahasiswa bisa ditempa di bidangnya. Menghasilkan hard skill dan soft skill yang berdampak positif pada masyarakat luas. ”Peserta Pilmapres adalah mahasiswa teladan yang bisa ditiru oleh mahasiswa lainnya. Sehingga kiprahnya berdampak pada kebaikan bagi yang lain. Kompetisi ini memberi kemampuan bagi mereka peserta untuk berdedikasi. Juga sebagai platform mendorong untuk berprestasi dan teladan,” jelasnya.

Rofik Wahyu Hidayat, mahasiswa semester 6 ini juga memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti seleksi sampai berhasil membawa juara. Menurutnya, ia berbangga dan senang bisa membawa nama Undip khususnya sekolah vokasi sebagai kategori Diploma di Pilmapres Tahun 2024 di Gorontalo, tidak mudah tentunya untuk mencapai posisi ini. Tetapi dengan usaha yang keras serta keyakinan yang kuat terutama keyakinan terhadap diri sendiri itulah yang akan mengantarkan kita kepada sebuah keberhasilan. Pesannya untuk teman-teman sobat Vokasi dan seluruh mahasiswa Undip terus berjuang hingga satu persatu mimpimu terwujud, mungkin kita tidak akan pernah tau mimpi mana yang akan Tuhan wujudkan terlebih dahulu, tetapi setidaknya kita bisa berencana mimpi mana yang akan kita gapai dahulu. Semangat untuk semuanya demi Vokasi yang kuat menguatkan Indonesia.

Share this :