Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kab. Temanggung – Edukasi yang diberikan oleh Resha Roshalita, seorang Mahasiswi Program Studi Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi Tim II KKN Universitas Diponegoro TA 2023/ 2024 dalam program monodisplin dengan judul ”Manajemen Keuangan: Pentingnya Manajemen Keuangan Usaha Kecil” kepada pemuda di Desa Plosogaden serta dihadiri sekitar 25 orang, di Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung pada Senin, 5 Agustus 2024.

Suksesnya sebuah UMKM tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk atau layanannya, tetapi juga oleh bagaimana bisnis tersebut dikelola. Manajemen bisnis yang komprehensif meliputi berbagai aspek, mulai dari perencanaan bisnis, pemasaran, hingga manajemen keuangan. Manajemen bisnis adalah seni pengelolaan bisnis yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga bisnis tersebut menjadi bisnis yang maju. Cara merencanakan bisnis adalah melakukan riset pasar, membuat rencana bisnis, menentukan modal dan sumber daya, memilah strategi pemasaran yang tepat, dan membangun jaringan dan kemitraan. Lalu, Manajemen keuangan merupakan salah satu aspek yang paling krusial. Dengan mengelola keuangan dengan baik, UMKM dapat mengalokasikan sumber daya secara efektif, mengambil keputusan investasi yang tepat, dan memastikan kelangsungan bisnis di masa depan.

Manajemen keuangan UMKM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan evaluasi kegiatan keuangan dalam sebuah usaha. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa keuangan usaha digunakan secara efisien dan efektif, serta mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Manajemen Keuangan Penting bagi UMKM agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan profitabilitas. Kegiatan dalam pelaksanaan edukasi dan pelatihan manajemen bisnis serta perencanaan bisnis ini diantaranya yaitu menjelaskan apa itu manajemen bisnis UMKM, mengapa manajemen bisnis itu penting, apa itu perencanaan bisnis, bagaimana cara melakukan perencanaan bisnis, dan seperti apa bisnis yang ideal.

Teknis pelaksanaan kegiatannya yaitu dengan memberikan materi dari power point yang berjudul ”Manajemen Keuangan: Pentingnya Manajemen Keuangan Usaha Kecil”, lalu bersamaan dengan memberikan materi, juga membagikan poster berisikan materi tersebut. Selanjutnya ada sharing session kepada pemuda Desa Plosogaden mengenai materi dasar yang sudah di berikan. Hal terakhir yang dilakukan adalah berfoto bersama pemuda Desa Plosogaden. Harapannya setelah mengikuti melalui Edukasi dan Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Usaha Kecil, pemuda Desa Plosogaden dapat memahami manajemen keuangan bisnis serta perencanaan dalam berbisnis dan dapat menerapkannya dalam menjalankan bisnis UMKM.

Share this :