Desa Silirejo, Pekalongan (24/07/2023) – Menyisihkan uang untuk ditabung memang terasa sulit jika kita belum terbiasa melakukannya. Namun, menanamkan kebiasaan menabung sejak dini sebenarnya tidaklah rumit jika hal tersebut sudah menjadi rutinitas. Mengenal berbagai bentuk uang serta memahami cara menabung dan berhemat akan membantu melatih keterampilan dalam mengelola uang dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Diva Heriyana, mahasiswa Progam Studi Akuntansi Perpajakan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro memberikan pelatihan dan mendorong anak-anak agar terbiasa mengatur keuangan dengan baik. Mengajarkan hidup hemat pada anak bertujuan untuk membangun karakter seperti tidak boros, disiplin, menghargai uang, mandiri, dan mampu membedakan keinginan dari kebutuhan. Menabung adalah cara menyisihkan sebagian uang untuk keperluan tertentu dalam waktu tertentu. Banyak yang berpendapat bahwa memperkenalkan uang kepada anak-anak dapat membuat mereka menjadi materialistis. Namun, memperkenalkan uang justru bisa membuat mereka lebih menghargai nilai uang, sekaligus belajar berhitung melalui nominal yang mereka temui.

Dalam edukasi ini, materi yang disampaikan meliputi pengertian uang, jenis-jenis uang, konsep menabung, dan tips menabung sejak dini. Penyampaiannya dilakukan dengan bahasa dan ilustrasi yang mudah dipahami oleh siswa SD, dengan suasana yang menyenangkan untuk menarik minat mereka. Selama penyampaian materi, disisipkan sesi tanya-jawab berhadiah untuk menjaga semangat anak-anak. Pada akhir sesi, terdapat pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dan hadiah berupa celengan diberikan kepada yang menjawab dengan benar. Program ini diadakan di SD Negeri 01 Silirejo dan SD Negeri 02 Silirejo dengan target siswa kelas 5 dan 6 yang berjumlah 47 siswa. Dari kegiatan ini, diharapkan anak-anak SD menjadi sadar akan pentingnya menabung sejak dini, menghargai uang, serta terbiasa menyisihkan sebagian uangnya. Dengan demikian, mereka akan memiliki kebiasaan hemat dan mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginanannya.

Share this :