Untuk meningkatkan kompetensi diri para mahasiswa di dunia kerja prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Vokasi Undip bekerja sama dengan Inlastek Welding Institut untuk memperoleh sertifikasi Welding Inspektor menggelar sosialisasi sertifikasi Welding Inspector bagi para mahasiswa baru-baru ini.

Ketua Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Vokasi Undip Dr. Mohd. Ridwan, S.T.,M.T. mengatakan salah satu bidang kerja yang memiliki peran penting pada proses manufaktur dan produksi adalah pengelasan. Mulai dari design suatu konstruksi, pelaksanaan produksi atau pengerjaan konstruksi, pemeriksaan hasil penyambungan dan bahkan sampai dengan perawatan dan perbaikan suatu konstruksi akan selalu berkaitan dengan bidang pengelasan.

Ridwan menambahkan Welding Inspector (Inspektur Las) adalah seorang pekerja yang bertugas untuk menginspeksi kualitas atau Quality Control (QC) suatu produk pengelasan sesuai dengan standar yang ditentukan seperti ASME, AWS, API, atau lainnya. Karena seorang Welding Inspector memiliki tugas yang cukup penting maka syarat profesi tersebut juga meliputi sikap profesional, keahlian khusus, watak cepat tanggap dan mengutamakan tugas. Tugas dan tanggung jawab Welding Inspector meliputi: Menjadi pengawas dan pemantau keselamatan, Mereview Dokumen, Inspeksi PreWelding, Memantau Proses Pengelasan, Memeriksa Hasil Pengelasan ( Pasca Welding) (SDGs SV Undip)

Share this :