Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja. Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

Kegiatan temu teknis pemangku kepentingan program SMK Pusat Keunggulan pendampingan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro bertujuan menyamakan persepsi serta memantau ketercapaian Program SMK PK baik kegiatan pembangunan ruang praktik dan pengadaan peralatan ( fisik ) serta pengembangan Sumber Daya Manusia. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Rembang para guru dan Staff. dan dari Universitas Diponegoro didampingi oleh Zulfaidah Ariany, ST, MT. dan Mitha Asyita Rahmawaty, ST., MT.

 Sumber daya manusia dalam hal ini guru-guru di SMK (guru produktif) harus di dorong untuk menambah wawasan dan keilmuan. Kegiatan uji kompetensi bagi guru oleh pihak lainnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi keahlian guru. Kepala SMK harus memiliki kemampuan lebih untuk membangun jejaring (networking) dengan mitra dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) agar program link and match yang menjadi program kementrian dapat terwujud.(SDGs SV Undip)

Share this :