Semarang – UKM Gendhis Manis, Ungaran, Kabupaten Semarang, adalah UKM yang  memproduksi aneka minuman rempah jahe. Namun, dalam proses produksinya, UKM ini mengalami permasalahan dalam pengemasannya.

Proses pengemasan yang mereka lakukan selama ini, tidak di lakukan secara otomatis, cepat dan efisien khususnya untuk produk berupa serbuk.

Melihat permasalahan tersebut Tim Pengabdian kepada masyarakat Prodi Rekayasa Perancangan Mekanik Sekolah Vokasi  Undip memberi bantuan kepada UKM Gendhis Manis di ungaran kabupaten Semarang , Senin (20/11//2023).

Tim pengabdian yang dimotori oleh Susastro, ST, MT  dan Bambang Setyoko, S.T., M.Eng selaku ketua tim bersama anggota dosen dan mahasiswa berusaha menyelesaikan permasalahan pada UKM Gendhis manis dengan memberi bantuan peralatan berupa sealer pengemas.

“Jaman dahulu pengemasan dalam kemasan plastik secara sederhana, dapat dilakukan dengan memasukan produk yang akan dikemas ke dalam kemasan plastik, untuk kemudian direkatkan bagian ujungnya dengan menggunakan perekat semacam isolasi atau sejenisnya.”ungkap Susastro.
Namun demikian cara ini dirasa memiliki kekurangan dalam dari sisi waktu pengemasan, maka cara ini mulai digantikan dengan menggunakan mesin sealer otomatis.

“Mesin sealer otomatis bekerja dengan jalan memanaskan kedua sisi plastik kemasan yang hendak direkatkan. Plastik yang akan meleleh karena panas kemudian disatukan dengan jalan ditekan,” jelas Bambang Setyoko.

Proses ini, tambahnya dapat dilakukan secara otomatis dan terus menerus karena alat dilengkapi dengan conveyor kecil pada sisi bagian bawah.

Bantuan peralatan ini di sambut gembira oleh UKM Gendhis manis, yang mengaku peralatan tersebut sangat membantu UKM nya dalam meningkatkan produktivitas dan hygienitas.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Rekayasa Perancangan Mekanik Sekolah Vokasi Undip. Dengan peralatan ini kami bisa melakukan proses pengemasan dari produk minuman serbuk kami menjadi lebih hygiens” ujar Khasna Saadati, Ketua UKM Gendhis manis.

Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat DIPA Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Tahun Anggaran 2023.

Dengan bantuan mesin peralatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada UKM Gendhis manis dalam meningkatkan produktivitas dan hygienitasnya. (sls/bas) 

sumber : https://radarsemarang.jawapos.com

Share this :