BEM Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pengabdian Bhakti Bumi di Purworejo. Bhakti Bumi digelar selama tiga hari, tanggal 27-29 Oktober 2023. Bhakti Bumi ini adalah suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kertojayan, Kecamatan Grebeg, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kegiatan ini berfokus pada 2 divisi, yakni divisi pengembangan pendidikan dan divisi pengembangan desa dan teknologi. Bhakti Bumi juga melibatkan delegasi dari himpunan yang ada di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Dari divisi pengembangan pendidikan, terdapat program praktik cuci tangan dan kelas bahasa inggris dan kegiatan Bank Sikat Gigi Anak Nusantara serta praktik cuci tangan dan pembagian sikat gigi sudah merata ke seluruh anak. Selain itu terdapat kegiatan belajar ngaji bersama dan menggambar kaligrafi yang menambah keseruan dengan anak Desa Kartojayan.

Selanjutnya dari divisi pengembangan desa dan teknologi ada Sosialisasi Mobile PLN dan Pengembangan UMKM berjalan dengan baik. bahkan ada warga yang memberikan hasil tani untuk panitia bhakti bumi. Program pengembangan wisata melalui sosial media juga berjalan dengan baik, dimulai dari konsep, pengambilan konten, dan publikasi juga berjalan dengan baik. Di hari ketiga Bhakti Bumi ada kegiatan Pembersihan Pantai Genjik. Dan yang menarik lagi adanya kegiatan pentas seni yang berisi penampilan anak-anak Desa Kertojayan sekaligus menjadi penutupan Bhakti Bumi.

“Kegiatan Bhakti Bumi kemarin alhamdulillah terlaksana dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari keberhasilannya program-program kerja yang dilaksanakan oleh divisi pengembangan teknologi maupun divisi pendidikan. Acara bhakti bumi kemarin juga sangat berkesan karena antusias warga disana yang menerima dengan hangat kedatangan para delegasi dan panitia, selain fokus terhadap program kerja juga kita mementingkan kedekatan antara kita para delegasi dan panitia juga warga maupun kepada pemilik rumah yang menampung kita selama melakukan Bhakti Bumi disana.” Ucap Andini Putri, Ketua Pelaksana Bhakti Bumi 2023.

“Harapan nya semoga bhakti bumi bisa benar-benar memberi dampak pada masyarakat. semoga hasil dari sosialisasi bisa diaplikasikan, seperti anak-anak bisa mulai belajar Bahasa inggris karena sebelumnya blm ada kelas bahasa inggris, rajin mencuci tangan, dan menyikat gigi. untuk warga desa lainnya diharapkan bisa mengalokasikan hasil pekerjaan lebih baik lagi sebagai hasil sosialisasi UMKM, dan bisa lebih concern untuk menjaga keamanan jaringan listrik melalui sosialisasi mobile PLN. Dengan terlaksananya Bhakti Bumi, diharapkan kegiatan ini benar-benar berdampak untuk seluruh panitia dan delegasi serta diharapkan melalui pengalaman bhakti bumi, para delegasi dari himpunan maupun BEM SV UNDIP dapat memperdalam program pendidikan masing-masing guna menumbuhkan kepedulian pada masyarakat lebih luas.” pungkasnya

 

Share this :