Kegiatan Penelitian Terapan Strategis merupakan tanggapan atas pencanangan 6 bidang strategis nasional oleh Presiden RI pada tahun 2008, yang memerlukan penelitian intensif untuk mengatasi berbagai masalah bangsa Indonesia. Keenam bidang strategis tersebut dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti menjadi 12 tema isu strategis untuk diteliti dengan mengakomodasi semua cabang keilmuan di perguruan tinggi. Pedoman ini disesuaikan dengan Rencana Induk Penelitian Undip 2016-2020. UNDIP menetapkan program riset unggulan bertitik berat pada pengembangan wilayah pesisir dan tropis, dengan bidang unggulan sebagai berikut: Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya lokal Indonesia untuk peningkatan ketahanan
dan keamanan pangan, derajat kesehatan, dan ketersediaan energi dan air secara berkelanjutan.

Program Penelitian Strategis ini bertujuan untuk:

1. Memfasilitasi dukungan dana riset terapan bagi pengusul di lingkungan perguruan tinggi untuk melakukan penelitian yang dapat menyelesaikan masalah yang relevan dengan berbagai masalah bangsa Indonesia.
2. Mengorientasikan kemampuan pengusul yang telah memiliki peta jalan penelitian untuk membangun dan membentuk peta jalan teknologi untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan yang berorientasi kepada kebutuhan pengguna (user oriented).
3. Menjawab permasalahan bangsa yang terkait dengan tema strategis.
4. Meningkatkan jumlah Publikasi tulisan makalah ilmiah terapan di seminar/konferensi internasional yang terindeks.
5. Meningkatkan jumlah paten sederhana.