Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kab. Temanggung (27/07/2024) – Edukasi yang diberikan oleh Alissa Qotrunnada Fadia Zahra, seorang Mahasiswi Program Studi Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi Tim II KKN Universitas Diponegoro TA 2022/ 2023 dalam program monodisplin dengan judul ”Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Budget Plan Sederhana Untuk Rumah Tangga” kepada ibu-ibu serta dihadiri sekitar 11 orang, di Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung pada sabtu, 27 Juli 2024.

Pada program nya Alissa Qotrunnada menjelaskan akan pentingnya menyusun perencanaan keuangan dalam rumah tangga kepada ibu-ibu dawis yang ada di dusun Tlodas, Desa pagergunung, Kabupaten Temanggung. Penyusunan perencanaan keuangan merupakan proses pecatatan secara teratur yang bertujuan untuk merencanakan, mengambil keputusan, dan memproses atau menganalisis kebutuhan yang sedang berjalan. Dalam perencanaan keuangan sederhana yang bisa di terapkan dalam rumah tangga maupun individu dapat menjadikan tercapainya tujuan yang efektif, efisien, dan mencapai kesejahteraan keuangan dalam rumah tangga. Cara sederhana yang paling mudah di terapkan adalah dengan mengenali keuangan,kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan terseier. Keberhasilan kesejahteraan keuangan adalah ketika bisa menyisihkan dana untuk dana darurat, dana darurat merupakan komponen penting dalam budget plan karena ketika ada kebutuhan mendesak yang di luar budget yang telah ditentukan, dapat menggunakan dana tersebut untuk dipakai tanpa mengurangi anggaran lain yang sudah tersusun sebelumnya.

Teknis pelaksanaan kegiatan nya dengan menjelaskan materi melalui slide show yang berjudul “Budget Management Strategy” yang berisi apa pentinya menyusun perencanaan keuangan dalam rumah tangga, bagaimana cara membagi persentase dana yang akan di anggarkan, memberikan contoh pencatatan keuagan yang benar, dan seperti apa anggaran yang ideal. Selama pendampingan dan penyuluhan yang disampaikan oleh Alissa Qotrunnada Fadia Zahra selaku Tim II KKN Undip TA 2023/ 2024. Ia, memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk berdiskusi, membuka sesi tanya jawab, antusias para dawis sangat tinggi akan program yang di bawanya bahkan sangat aktif untuk bertanya dan berdiskusi bagaimana sebaiknya supaya para ibu-ibu bisa menyisihkan sebagian penghasilan nya untuk dana darurat, kemudian ia juga mengajak ibu-ibu untuk mempraktekkan cara membuat pembukuan sederhana untuk rumah tangga. Di akhir sesi pendampingan nya, Alissa memberikan dompet disiplin dan juga penyerahan booklet sebagai panduan dalam menyusun budget plan kepada ibu Mut selaku ketua kader dan kepala dusun Tlodas. Tidak lupa mengabadikan keberhasilan program nya dengan mengajak semua angota dawis untuk berfoto sebagai dokumentasi dan bisa di jadikan kenang-kenangan di galeri oleh nya maupun ibu-ibu dawis dusun Tlodas, Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Setelah melihat antusisas yang tinggi dari para ibu-ibu dawis pada saat pendmpingan membuat nya yakin bahwa seiap ibu-ibu dapat memahami pencatatan sederhana serta akan lebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan dalam rumah tangga nya yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ada nya dompet disiplin yang di berikan oleh Alissa dapat membantu para ibu rumah tangga agar bisa disiplin dalam menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari nya, bahkan bisa di gunakan untuk menganggarkan kebutuhan mingguan maupun bulanannya.

Share this :