Semarang – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM di wilayah tersebut. Salah satu program yang menarik perhatian adalah pengenalan aplikasi “Buku Warung”.

Tidak hanya penting bagi pelaku usaha, pembukuan sederhana juga sangat bermanfaat bagi individu maupun keluarga. Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, kita dapat mengetahui ke mana saja uang kita pergi dan menyusun rencana keuangan yang lebih baik. Perencanaan keuangan sendiri merupakan proses mengatur keuangan agar dapat memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan hidup. Dengan menggabungkan pembukuan sederhana dan perencanaan keuangan, kita dapat mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik. Kegiatan dalam pelaksanaan edukasi dan pelatihan pembukuan serta perencanaan keuangan ini diantaranya yaitu menjelaskan apa itu pembukuan sederhana, mengapa pembukuan itu penting, apa itu perencanaan keuangan, bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan, cara menggunakan aplikasi tersebut, dan seperti apa anggaran yang ideal. Selama penjelasan tersebut disampaikan oleh Resha Roshalita selaku Tim II KKN Undip TA 2023/ 2024. Lalu, memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk adanya tanya jawab.

Para pelaku UMKM di Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, berantusias dalam mengikuti kegiatan pengenalan dan penggunaan aplikasi “Buku warung” yang diajarkan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro. Program aplikasi “Buku warung” merupakan salah satu aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat untuk memudahkan pemiliki usaha dalam mencatat pembukuan usahanya dengan efisien dan praktis. Fitur yang tersedia yaitu pemasukan dan  pengeluaran uang, Pengingat pencatatan transaksi, kelola stock serta,  pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Keunggulan “Buku Warung” yaitu dapat digunakan tanpa menggunakan koneksi internet, mudah dipahami oleh pemula, data disimpan dengan aman, memudahkan pembuatan laporan keuangan harian, mingguan, dan bulanan, dan terbebas biaya admin bagi pengguna.

Para pelaku UMKM di Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, berantusias dalam mengikuti kegiatan pengenalan dan penggunaan aplikasi “Buku warung” yang diajarkan oleh mahasiswi KKN Universitas Diponegoro. Melalui program ini, mahasiswa KKN berhasil meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM akan pentingnya pencatatan keuangan. Dengan menggunakan BukuWarung, diharapkan UMKM di Desa Plosogaden dapat lebih berkembang dan mandiri.

Share this :