Semarang – Tim mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih peringkat kedua dan Juara Favorit dalam kategori Business Plan pada Agricultural Day Competition 2024.

Lomba ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Vokasi (Himavo) IPB University dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional dengan tema “Fields of Growth: Encouraging Agricultural Innovation and Sustainability.” Perlombaan ini mencakup lima kategori, yaitu Lomba Infografis, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Debat, Lomba Business Plan, dan Lomba Video Kreatif.

Dipimpin oleh Shervaya Latiffa, tim yang terdiri dari Nadia Khaliza Putri dan Diana Mufiidah mengusung inovasi dalam kategori Business Plan dengan judul Flariso (Minyak Goreng Beraroma). Flariso adalah minyak goreng inovatif berbasis dedak padi yang kaya akan kalsium, zat besi, antioksidan, serta vitamin E dan K. Shervaya menjelaskan bahwa minyak goreng ini tidak hanya menawarkan nutrisi yang lebih baik tetapi juga diinfus dengan minyak esensial dari bawang putih, jahe, dan lada hitam, memberikan rasa dan aroma alami yang menarik.

Dedak padi sering kali dibuang atau hanya digunakan sebagai pakan ternak, padahal merupakan limbah hasil penggilingan padi yang kaya komponen bernilai tinggi, termasuk minyak dedak padi yang memiliki potensi besar untuk diolah menjadi produk bernilai tambah. “Sebenarnya, dedak padi mengandung komponen yang sangat berharga dan memiliki potensi untuk diolah menjadi produk yang bermanfaat,” ungkap Shervaya, selaku ketua tim.

Anggota tim, Nadia Khaliza Putri, menambahkan bahwa konsep yang diusung adalah menggunakan ekstraktor air subkritis untuk mendekatkan proses ekstraksi minyak dedak padi dengan proses penggilingan padi. “Dengan cara ini, kami dapat mencegah peningkatan cepat kandungan asam lemak bebas dalam dedak padi setelah proses penggilingan karena adanya enzim lipase,” jelas Nadia.

Diana, anggota tim lainnya, menjelaskan bahwa enzim lipase yang terdapat dalam dedak padi setelah penggilingan dapat mengkatalisis proses hidrolisis minyak menjadi asam lemak bebas. Proses hidrolisis ini tidak diinginkan karena dapat mempengaruhi kualitas minyak dan mengurangi hasilnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri Sekolah Vokasi Undip, Mohamad Endy Yulianto, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas capaian mahasiswa TRKI SV Undip. “Mahasiswa kami telah menunjukkan prestasi terbaik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,” kata Endy.

Sumber : Liputan6.com

Share this :