Tepat tiga bulan kegiatan kerja praktik dilakukan Mahasiswa Sekolah Vokasi khususnya Program Studi STr Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan sejak 22 Juni sampai 20 September 2022. Kerja praktik dilakukan mahasiswa dalam rangka menambah wawasan, pengalaman praktis di dunia kerja, dan memperluas relasi.

Kegiatan kerja praktik resmi ditutup pada tanggal 27 September 2022 oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Semarang, Bapak Budi Prakosa, S.T., M.T. di Ruang Rapat Bappeda Kota Semarang. Penutupan kegiatan kerja praktik dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Semarang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappeda Kota Semarang, Kepala Bidang Perencanaan Perekonomian Bappeda Kota Semarang, Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Semarang, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Semarang, Program Studi STr Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan Sekolah Vokasi Undip, Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota FT Undip, serta mitra lapangan mahasiswa (CPNS Bappeda).

Pada rangkaian penutupan ini, mahasiswa mempresentasikan hasil kegiatan kerja praktik “Profil Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Semarang”. Berdasarkan pemaparannya, dari 34 kampung hanya terdapat 16 kampung yang menjadi kampung keluarga berkualitas dan layak dijadikan percontohan. Di akhir pemaparannya, mahasiswa membagikan produk 16 Profil Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Semarang. Harapannya, produk tersebut dapat dijadikan rekomendasi kebijakan bagi Bappeda serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Semarang untuk memperbaiki kualitas kampung dalam rangka mendukung terwujudnya “Semarang Hebat!”.

Perwakilan dosen pendamping Mahasiswa Program Studi STr Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Ibu Reny Yesiana, S.T., M.T menyampaikan terima kasih kepada Bappeda Kota Semarang serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Semarang karena telah membuka kesempatan dan memberikan dukungan kepada mahasiswa. Dengan adanya kegiatan ini, Ia berharap dapat memperluas kolaborasi dengan pemerintah khususnya pada bidang Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan.