SEMARANG – Program Vocational College International Summer Course 2022 yang dikenal sebagai Summer School Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP), diikuti oleh para mahasiswa dan akademisi dari dalam negeri dan dari manca negara, khususnya Malaysia dan Taiwan. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut masih harus digelar secara daring mengingat ketentuan protokol kesehatan antarnegara yang masih ketat.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono Msi, mengatakan apapun kondisinya, kegiatan akademik dan pengembangan serta riset harus tetap diselenggarakan dengan berbagai penyesuaian. “Kita harus adaptif tanpa harus kehilangan substansi,” kata Prof Budioyono, Rabu (28/9/2022).

Summer School Sekolah Vokasi Undip 2022 merupakan agenda rutin yang digelar dua kali setahun. Di paruh kedua tahun 2022, Vocational College International Summer Course 2022  dilaksanakan selama empat hari mulai Senin (22/9/2022) sampai dengan Kamis (29/9/2022). Menimbang ketentuan protokol antarnegara, kali ini kegiatan dilaksanakan secara daring.

Kali ini partisipan kegiatan selain dari para dosen dan mahasiswa dari dalam negeri seperti Universitas Siliwangi, Politeknik Negeri Bandung, dan Universitas Riau; juga diikuti oleh civitas akademika dari Universiti Sains Islam Malaysia, University of Malaya, University Tun Hussein Onn Malaysia, Interantional Islamic University Malaysia dan Infrastructure University Kuala Lumpur Malaysia; serta  National Kaohsiung University of Science and Technology dan National Chung Hsing University dari Taiwan.

Saat memberi sambutan pada pembukaan, Dekan Sekolah Vokasi Undip memperkenalkan empat departemen di Sekolah Vokasi yang terdiri dari Departemen Sipil dan Perencanaan; Departemen Teknologi Industri; Departemen Bisnis dan Keuangan; serta Departemen Informasi dan Kebudayaan. “Pada kegiatan kali ini, panitia dari Departemen Sipil dan Perencanaan memilih Learning BIM Application in Heriatge Area of Semarang sebagai topik utama Summer School,” ujar Prof Budiyono sapaan akrabnya.

Building Information Modeling (BIM) adalah proses pembangunan informasi yang didukung oleh alat dan teknologi dengan melibatkan pengelolaan representasi digital. BIM menjadi aplikasi unggul yang digunakan pada era sekarang. Hal ini karena penggunaan BIM dapat membantu kegiatan industri dan pemerintahan untuk merencanakan, merancang, membangun, mengoperasikan, dan memelihara berbagai infrastuktur.

Summer School Sekolah Vokasi Undip 2022 juga mengundang pembicara dari Malaysia, yaitu Mr. Muhammad Hazim Bin Azami (seorang arsitek sekaligus Head of BIM); dan Mr. Rizal Husin selaku Senior Associate Architect. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dari Infrastructure University Kuala Lumpur Malaysia. Melalui BIM, diharapkan para engineers mudah memvisualisasikan prakonstruksi seperti mengurangi risiko, efektivitas biaya, meningkatkan produktivitas prefabrikasi, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, diharapkan seluruh peserta dapat menambah wawasan dan saling berdiskusi terkait relevansi Aplikasi BIM terhadap warisan di Kota Semarang melalui berbagai perspektif.

Prof Budiyono menambahkan, program Summer School juga merupakan perwujudan Sekolah Vokasi untuk mendorong Sustainable Development Goals (SDG’s) atau pembangunan berkelanjutan dengan membagikan pengalaman dan manfaat kepada seluruh peserta. “Dunia membutuhkan energi, intelektual, dan dedikasi kalian untuk mencapai tujuan global yang lebih baik.”

Sementara itu Ketua Departemen Sipil dan Perencanaan Sekolah Vokasi Undip, Asri Nurdiana ST MT, menambahkan bahwa kegiatan Summer Course merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi Undip, yang merupakan salah satu Program Inbound Student di Undip untuk mendatangkan mahasiswa asing. “Kegiatan Summer Course di Sekolah Vokasi juga merupakan salah satu kegiatan untuk tujuan internasionalisasi Sekolah Vokasi Undip,” kata Asri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari dengan konsep short course dan diskusi project kelompok dari para peserta. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid karena kondisi pandemi yang mengakibatkan beberapa kesulitan dalam mendatangkan mahasiswa asing ke Indonesia.

Peserta Summer Course ini terdiri dari 72 peserta, dengan 41 mahasiswa asing dan 31 mahasiswa DN. Narasumber yang diundang yaitu 2 orang praktisi yang memiliki pengalaman dalam Building Information Modelling (BIM), sesuai dengan tema kegiatan yang diusung.

Untuk menyelaraskan tema ini juga, pada opening ceremony kegiatan Summer Course, dosen Sekolah Vokasi Undip mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. “Dengan pelaksanaan kegiatan Summer Course ini diharapkan dapat membangun citra yang baik tentang Undip dan sebagai wahana promosi Sekolah Vokasi Undip di lingkup internasional. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung pencapaian kinerja Sekolah Vokasi,” tukasnya.