SEMARANG – Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Jawa Tengah menorehkan prestasi dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional Tahun 2022 yang di gelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Prestasi tersebut ditorehkan Nazilatul Hidayah seorang mahasiswi D4 Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Sekolah Vokasi yang mendapatkan Juara 3 Pilmapres Tingkat Nasional Program Diploma.

“Tentunya perasaan sangat senang, bersyukur. Saya tiidak menyangka mengingat kegiatan Pilmapres diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia, dan sangat bersyukur bisa melewati proses yang panjang mulai dari tingkat fakultas hingga nasional,” kata Nazilatul Hidayah, mahasiswi angkatan 2019 Sekolah Vokasi Undip, Senin (17/10/2022).

Mahasiswi kelahiran Desa Werdi Paninggaran Pekalongan ini mengatakan, Pilmapres tahun 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 29 September 2022 hingga 1 Oktober 2022 di Universitas Indonesia (UI). Pilmapres Program Diploma merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi setiap tahunnya.

Persiapannya sendiri, tambah Nazil sapaan akrabnya, dilakukan dengan penyusunan karya ilmiah berupa produk inovatif yang outputnya adalah prototype untuk kategori diploma. Kemudian mengumpulkan 10 capaian unggulan terbaik, berlatih public speaking bersama PIC dan pendamping serta terdapat persiapan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris dalam bentuk LGD dan FGD hingga wawasan kebangsaan. “Motivasi saya berasal dari harapan besar oleh kampus yang sudah memberikan pendampingan dengan sangat maksimal. Selain itu keinginan kuat untuk bisa membuat bangga orang tua. Alhasil bisa meraih juara 3 dalam ajang ini,” tambah Nazil yang juga mengaku suka riset dan membuat karya tulis ilmiah.

Mengenai prestasi yang diraihnya di Pilmapres 2022 disebutnya menambah perolehan prestasinya. Sebelumnya, tak kurang dari 28 kejuaraan yang diikuti, dan beberapa di antaranya berhaisl mendapat posisi yang baik. Nazil pernah meraih predikat mahasiswa berprestasi (mawapres) nasional, kemudian sebagai juara 3 olimpiade vokasi Indonesia bidang LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) saintek di tahun 2020. “Saya juga pernah juara Juara 1 dan Best Presentasi LKTIN PIN 2022 di Institut Teknologi Kalimantan, juara 1 LKTIN 2020 di Universitas Negeri Medan, Juara 1 LKTIN 2021 di Politeknik Negeri Samarinda dan Juara 1 LKTIN Civil Engineering 2021 di Universitas Bangka Belitung dan masih banyak lagi yang lainnya,” jelasnya.

Ditanya tentang keikutsertaannya dalam berbagai ajang kejuaraan dan kompetisi,  mahasiswi anak kedua dari 4 bersaudara menyebutnya sebagai hal yang positif dan memiliki banyak manfaat, sheingga dia mengajak para mahasiswa Sekolah Vokasi Undip untuk memanfaatnya sebagai cara menempa diri. “Saran untuk adik-adik mahasiswa vokasi, fokus dengan apa yang ingin diraih. Jangan takut mencoba. Jika kita mau mencoba, kita punya peluang berhasil 50 persen dan peluang gagal sebanyak 50 persen. Tetapi jika tidak mau mencoba sama sekali hanya memiliki peluang gagal 100 persen,” tukasnya.

Share this :