Mata kuliah Advanced Speaking kembali mengadakan mini talk show. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini merupakan pertama kalinya mini talk show dalam kelas Advanced Speaking diadakan secara luring. Di episode perdana yang diadakan baru-baru ini para mahasiswa  yang berperan sebagai host mengundangProdi volunteer dari Jepang, Raika-san, dan tutor Kampung Inggris, Zulfa Bachtiar.

Episode perdana mini talk show ini membawakan tema student exchange dan pekerjaan. Pada sesi 1, talk show dipandu oleh Alya Hanaani, Jauzia Yusi, Hernandez Trivano, Adimas Arya, dan Zulfikar Arifiyan. Para host di sesi 1 mengundang Raika-san sebagai bintang tamu mereka. Raika merupakan volunteer dari Waseda University yang berperan sebagai asisten pengajar untuk beberapa mata kuliah di prodi Bahasa Asing Terapan. Dalam sesi diskusi, Raika-san membagikan pengalamannya selama berada di Indonesia. Dia menyampaikan bahwa belajar bahasa lokal di negara tujuan memiliki efek positif. Salah satunya adalah lebih mudah bersosialisasi dan dapat lebih mendalami budaya masyarakat lokal. Dia juga menyarankan mahasiswa yang mengikuti student exchange untuk belajar bahasa lokal juga untuk membuka wawasan.

Kegiatan mini talk show berlanjut di sesi 2 dengan host dan bintang tamu yang berbeda. Sesi 2 mengangkat tema pekerjaan yang dipandu oleh Vergina Moluscas, Ghina Humaira, Vania Elisha, Salma Aprilia, dan Nadia Alisha. Bintang tamu untuk sesi 2 adalah seorang tutor dari lembaga kursus Mr. Bob, Kampung Inggris, yaitu Zulfa Bachtiar yang merupakan mahasiswa Bahasa Asing Terapan di tahun ke-3. Zulfa membagikan pengalamannya bagaimana dia sampai bisa menjadi tutor di Kampung Inggris. Selain itu, dia juga menyampaikan kepada para host dan audiens tentang pentingnya jam terbang dan manajemen waktu apabila ingin sukses berkarir. Selain itu, Zulfa juga menyampaikan pentingnya kemampuan bernegosiasi karena hal ini merupakan bekal yang penting dalam dunia kerja.

Mata kuliah Advanced Speaking adalah mata kuliah yang ditawarkan untuk mahasiswa konsentrasi Bahasa Inggris tahun kedua di prodi Bahasa Asing Terapan, Universitas Diponegoro. Mini talk show merupakan bagian dari asesmen untuk mata kuliah ini, di mana para mahasiswa sebagai host wajib menggunakan bahasa Inggris dalam memimpin acara. Dengan mengorganisasi secara mandiri kegiatan talk show dan menggunakan bahasa Inggris secara aktif, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal para mahasiswa dalam mengelola proyek skala kecil dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa asing. (SDGs SV Undip)

Share this :