Semarang – Meningkatnya kesadaran global tentang kebutuhan konservasi energi hijau turut mendorong akademisi, peneliti, dan masyarakat internasional untuk mempelajari lebih dalam mengenai topik tersebut. Peningkatan kesadaran ini sekaligus menjadi motor penggerak dalam mengeksplorasi dan membuka peluang kolaborasi lebih lanjut akan teknologi sekaligus penerapan baik dalam skala laboratorium, maupun lapangan. Summer course adalah salah satu program edukasi yang diusulkan guna memfasilitasi kebutuhan akan topik yang diangkat. Program ini diproyeksikan mampu mendukung usaha dalam mewujudkan visi dan misi Universitas Diponegoro sebagai World Class University dan misi Sekolah Vokasi bertaraf internasional pada tahun 2023. Kegiatan yang juga masuk ke dalam Vocational International Program (VIP) ini, memiliki tujuan untuk membawa semangat internasional yang dibalut dengan suasana tradisional Indonesia. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, beraneka ragam kegiatan pendidikan dan kebudayaan dilaksanakan. Summer course juga bertujuan untuk mendukung dan memperkuat kerjasama internasional untuk memfasilitasi akses pada teknologi dan riset energi bersih, termasuk energi terbarukan, efisiensi energi, canggih, teknologi bahan bakar fosil lebih bersih, dan mempromosikan investasi di bidang infrastruktur energi dan teknologi energi bersih. Kegiatan ini bermanfaat pula untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) terutama dalam perwujuan green technology.

Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ( SV Undip ) menggelar program Vocational College International Summer Course 2023 atau Summer School, baru-baru ini. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari digelar di gedung SV Undip bertema Discovering Sustainable Green Energy Technology dihadiri oleh empat pembicara dari Undip dan Luar negeri yaitu Anggun Puspitarini S, PH.D, Seiji Fujiwara, PH.D, Dr. Khalil Al- Yakoob, Arief Noor, PH.D.

Green Teknologi adalah salah satu jenis teknologi ramah lingkungan, sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk menjalankan proses kegiatan industry tanpa menimbulkan permasalahan terhadap pelestarian lingkungan. Manfaat dari green teknologi adalah memastikan teknologi dapat berjalan beriringan dengan kegiatan pelestarian lingkungan.

Tidak hanya berkutik di bidang teori kegiatan summer course memperkenalkan produksi biogas ternak di Kabupaten Semarang khususnya di daerah Ungaran. Disamping memperkenalkan Green energy technologi dengan adanya Biogas, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke kanca Dunia Internasional. Kegiatan ini memperkenalkan tarian Gejluk Lesung Manggar dan budaya minum teh.Diharapkan dengan adanya kegiatan Summer Course terdapat sinergi antara ilmu pengetahuan dan budaya Indonesia. (SDGs SV Undip)

 

Share this :