Liburan merupakan waktu yang paling dinanti kebanyakan orang. Salah satunya ketika liburan semester pada jenjang perkuliahan. Para mahasiswa biasanya akan pulang ke rumah atau daerah asal mereka masing-masing. Setelah itu, memanfaatkan waktu luang mereka masing-masing. Baik itu bekerja, magang mandiri, atau bahkan hanya beristirahat di rumah.

Addelia Abigael tercatat sebagai mahasiswi aktif Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Adel memanfaatkan liburan semester genapnya untuk melakukan magang mandiri di suatu company, VME Company. Adel menjelaskan bahwa dirinya terdorong untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan baru Ketika liburan dengan melakukan kegiatan magang mandiri.

“Saya merasa keterampilan dan pengalaman yang saya peroleh dari kampus belum sepenuhnya mampu memenuhi keterbatasan saya. Untuk itu, saya berpikir bahwa dengan pengalaman magang dengan suatu Perusahaan, saya dapat mengisi skills gap sehingga memungkinkan saya untuk lebih lancar lagi menjalankan perkuliahan kedepannya”, Ujar Adel.

VME menjadi pilihan Adel untuk mencari pengalaman magang pertamanya di Perusahaan oil and gas, “karena setelah berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik di prodi saya dan berdiskusi pula dengan kedua orang tua saya, saya mendapati bahwa VME memiliki manajemen perusahaan yang sangat baik. Selain itu, VME merupakan suatu Perusahaan berskala internasional yang sudah sangat ahli dibidangnya.’’

Magang mandiri tersebut dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2023 sampai dengan 03 Agustus 2023 di VME Batam. Adel mengungkapkan bahwa proses permohonan magang mandirinya diproses dengan sangat cepat, dimulai dari mengonsultasikannya dengan Dosen Wali Akademik Kurniawan Yusim, S.Si., M. T. lalu pengisian data di CSO UNDIP, selang beberapa waktu surat pengantar mandiri pun keluar dan surat tersebut diajukan kepada Perusahaan.

Selama magang, Adel berada di departemen Drafter, tempat semua gambar yang akan diserahkan ke lapangan untuk dibuat. Di ruangan tersebut terdapat 14 orang drafter yang dibagi kedalam beberapa tim tergantung projeknya. Selama 1 bulan magang VME, Adel menjelaskan bahwa ia dibimbing hampir oleh semua orang di ruangan tersebut, bagaimana cara mengoperasikan Autocad dengan professional, mulai dari menggambar 2D hingga 3D.

Harapannya prodi semakin mendukung mahasiswa – mahasiswinya untuk mencari pengalaman kerja yang sesuai dengan aspirasi karir masing masing. Meskipun nantinya tidak terlihat align dengan pengalaman Pendidikan di dalam kampus, justru kesempatan untuk mengeksplorasi pengalaman di luar bidang menjadi kesempatan yang luar biasa untuk menerapkan pengalaman akademik yang diperoleh di kampus ke berbagai ruang-ruang pekerjaan yang beragam.” (SDGs SV Undip)

 

Share this :