Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) telah dilaksanakan oleh Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro pada 15 Agustus 2023 yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu dua hari sesuai dengan arahan dan aturan dari Universitas Diponegoro. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dan segenap mahasiswa, dosen dan tendik.

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan, Dr. Mohd. Ridwan, S.T., M.T., mengatakan bahwa PKKMB diselenggarakan dengan berbagai kegiatan positif yang diharapkan dapat menimbulkan dan meningkatkan pemahaman para Mahasiswa Baru dalam kehidupan kampus”ujarnya

Ridwan menambahkan Kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan materi mengenai metode pembelajaran, pengenalan kampus, pengenalan SIAP UNDIP & akses perputakaan, peraturan akademik, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0, kesadaran lingkungan hidup & kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi, budaya serta etika dalam kehidupan kampus, dan yang terakhir kegiatan kemahasiswaan & organisasi kemahasiswaan.

Pada sesi pemaparan materi mengenai budaya serta etika dalam kehidupan kampus, beberapa dosen melakukan kegiatan interaktif dengan mahasiswa baru dengan memberikan pertanyaan sebagaimana menghubungi dosen, teman, kakak tingkat dengan baik dan sopan.

PKKMB telah usai di hari kedua, hari berikutnya disambung dengan kegiatan Pendidikan Karakter yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter yang positif dari tiap mahasiswa baru Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan. Kegiatan ini sangat disayangkan untuk dilewatkan terutama untuk para mahasiswa baru. Karena kegiatan ini begitu banyak kebermanfaatan dari materi-materi

yang disampaikan oleh para dosen pemateri yang dapat diimplementasikan dikehidupan sehari-hari. Lebih menariknya lagi, kegiatan Pendidikan Karakter ini disertai dengan berbagai Mini Games yang bukan hanya seru tetapi juga mencerahkan pemikiran tiap mahasiswa baru. (SDGs SV Undip)

Share this :