Banyak masyarakat yang belum memahami perbedaan antara program studi (Prodi) Sarjana Terapan (D4) dan Prodi Sarjana S1 yang ada di Universitas Diponegoro (Undip).

Meski kedua program studi tersebut sama-sama memakai acuan lama studi normal 4 tahun (8 semester), namun gelar yang diperoleh berbeda. Untuk D4 gelar lulusannya Sarjana Terapan (STr), sementara S1 memakai gelar Sarjana.

Memasuki awal perkuliahan mahasiswa baru tahun akademik (TA) 2023/2024, ada baiknya kita memahami apa itu Sekolah Vokasi Undip  dari Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono M.Si. dalam penjelasannya ada tiga hal yang perlu dipahami terkait Pendidikan Tinggi Vokasi dan Sarjana S1.

Menurutnya, mengenai Pendidikan Tinggi Vokasi Diploma-4 dan Prodi Sarjana S1 memiliki bobot keilmuan dan jenjang yang setara. “Perbedaannya terletak pada perbandingan bobot keilmuannya. Jika pada jenjang sarjana, bobot teori keilmuan berkisar 70 persen sedangkan bobot praktiknya sebesar 30 persen. Hal sebaliknya terjadi pada jenjang sarjana terapan,” kata Prof Budiyono

Selanjutnya, jika dilihat dari fokus keilmuannya, lulusan Program Sarjana difokuskan menjadi seorang ahli dalam suatu bidang keilmuan. Selama kuliah, mahasiswa dibentuk sebagai seorang akademisi dengan berbagai kemampuan mengolah dan mengaplikasikan teori ilmu pengetahuan.

“Adapun Sarjana Terapan mengedepannya sisi praktik ketimbang teori. Prodi sarjana terapan difokuskan agar lulusannya bisa mencari pekerjaan di bidang keahlian dan praktik. Selama kuliah, mahasiswa jenjang Sarjana Terapan akan belajar kemampuan praktik dan pengetahuan yang lebih lengkap dibandingkan jenjang D3, D2, dan D1,” ungkapnya

Lulusan D4 berhak menyandang gelar sarjana terapan. Sementara lulusan Prodi S1 berhak menyandang gelar sarjana ditambah penjelasan bidang keilmuannya. Kalau teknik, ya Sarjana Teknik, lulusan fakulktas Ekonomi berhak menyandang gelar Sarjana Ekonomi, adapun yang dari fakultas Hukum menyandang gelar Sarjana Hukum.

“Dalam penerimaan pegawai, golongan lulusan D4 dan S1 sama-sama. Di pemerintahan ya III-a. Untuk standar normal lama studinya juga sama, empat tahun,” katanya.

Mengenai Prodi Sarjana Terapan di Undip, Sekolah Vokasi Memiliki 4 Departemen dengan 11 Program Studi. Di kelompok Saintek ada Departemen Teknologi Industri yang mengelola Prodi D IV Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Rekayasa Perancangan Mekanik, Teknologi Rekayasa Otomasi, Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan; Prodi Teknik Listrik Industri. Kemudian ada Departemen Sipil dan Perencanaan yang mengelola Prodi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan Saintek, dan Prodi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Saintek.

Untuk kelompok Soshum, di Departemen Bisnis dan Keuangan ada Prodi Akuntansi Perpajakan, dan Prodi Manajemen dan Administrasi Logistik. Sedangkan Departemen Informasi dan Budaya memiliki dua Prodi, yaitu Bahasa Asing Terapan dan Prodi Informasi dan Humas.

Sekolah Vokasi Undip mencanangkan visi Menjadi Pusat Pendidikan Vokasi (Terapan) yang Unggul dan Bertaraf Internasional. Untuk misinya diantaranya, Menyelenggarakan pendidikan terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional sesuai tuntutan dunia global. Melaksanakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan. Menjadikan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk membentuk kepribadian profesional yang memiliki komitmen pengembangan dan penerapan pengetahuan serta pengembangan ketrampilan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(SDGs SV Undip)

 

 

 

 

 

 

Share this :