Dalam rangka mencapai cita-cita sebagai ‘World Class University’, Universitas Diponegoro (Undip) berupaya meningkatkan academic reputation untuk meraih rekognisi secara internasional. Academic reputation diukur melalui seberapa jauh Undip dikenal oleh institusi luar negeri melalui staf pengajar dan penelitinya. Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri Sekolah Vokasi Undip  menyelenggarakan Visiting Professor dengan mengundang Professor dari Setsunan University, Japan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan dilaksanakan secara daring via Zoom dan streaming Youtub, serta secara luring di Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro baru-baru ini.

Kegiatan ini mengangkat tema “Development of Nanotechnology in Food Emulsion and Encapsulation”. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas riset, pengajaran, dan inovasi dalam mendongkrak reputasi internasional Undip sebagai ‘World Class University’.

Kegiatan Visiting Professor ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 30 Agustus 2023, kegiatan di mulai dengan ceremony, sambutan oleh Dekan Prof. Dr. Ir Budiyono, M. Si., dan Ketua Depatermen Industri Dr. Mohd. Ridwan, M.T., dan penandatangan MoU, kerja sama antara Prof. Hidefumi Yoshi, Ph.D., Setsunan University dengan Prof. Dr. Ir. Budiyono, M. Si., Dekan Sekolah Vokasi Undip Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan guest lecture oleh Prof. Hidefumi Yoshi, Ph. D., dengan moderator Dr. Eng. Vita Pramita, M.Eng. Antusias mahasiswa ditunjukkan dengan keaktifan bertanya serta menjawab pertanyaan sehingga membuat diskusi dua arah dan membuat kegiatan tidak membosankan. Topik yang di bawakan berhasil memikat mahasiswa, dengan ditunjukkan banyaknya ide-ide baru dalam research di bidang food technology.

Sedangkan hari kedua yakni pada 31 Agustus 2023, kegiatan Visiting Professor diisi dengan workshop penulisan artikel ilmiah oleh Prof. Hidefumi Yoshii dengan moderator Hermawan Dwi Ariyanto, Ph. D., workshop ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah. Kegiatan hari kedua di tutup dengan kunjungan ke Laboratorium sekaligus membicarakan terkait kerjasama research oleh Prof. Hidefumi Yoshii. (SDGs SV Undip)

 

 

 

Share this :