Mahasiswa Sekolah Vokasi Jurusan Akuntansi Perpajakan Universitas Diponegoro melakukan kegiatan berupa Kuliah Kerja Lapangan (KKL), KKL merupakan sebuah mata kuliah wajib yang harus di ambil bagi setiap Mahasiswa/Mahasiswi D4 Akuntansi Perpajakan pada semester 7. Tujuan dari KKL ini tidak lain adalah untuk memperdalam soft skill dalam bidang yang di fokuskan untuk menjadi bekal pada dunia kerja nantinya. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini diikuti kurang lebih 34 Mahasiswa D4 Akuntansi Pepajakan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dengan didampingi oleh satu dosen pembimbing yaitu Apip, S.E., M.Si dan 3 narasumber dari PT Jamkrindo Kanca Denpasar Bali.

PT Jamkrindo merupakan sebuah Perusahaan yang didirikan dengan tujuan utama untuk memberikan Penjaminan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Usaha Menengah (UMKM), serta Koperasi. Fokus usaha penjaminan Perum Jamkrindo saat ini adalah pemberian penjaminan kredit/pembiayaan bank maupun badan usaha lainnya dengan pola konvensional maupun syariah, di mana penjaminan syariah (kafalah) Perum Jamkrindo adalah penjaminan syariah pertama di Indonesia.

Dalam menjalankan usahanya tersebut, Perum Jamkrindo bermitra dengan perbankan dan badan usaha lainnya sebagai pemberi kredit kepada UMKMK maupun kerjasama dengan mitra co-guarantee. Jumlah mitra kerja Perum Jamkrindo saat ini mencapai lebih dari 65, yang terdiri dari perbankan yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank BUMN, Bank Swasta Nasional dan badan usaha lainnya baik konvensional maupun syariah.

Kegiatan Kunjungan yang dilakukan Mahasiswa D4 Akuntansi perpajakan ini dibagi menjadi 2 sesi, Sesi pertama yaitu mengenai pengenalan Jamkrindo dan penampilan video profile, sejarah, dan visi misi dari PT Jamkrindo Kanca Denpasar Bali. Kemudian dilanjut sesi kedua yang berisi mengenai tanya jawab yang ditanyakan oleh Mahasiswi D4 Akuntansi Perpajakan yaitu Annisa Jasmine, Alyassa Zahra Herrahayu, Novia Rahma Fairuzah, dan Nabiila Zada Siamta mengenai perusahaan mulai dari informasi magang mandiri, informasi open recruitment perusahaan, dan kenaikan tingkat suku bunga.

(SDGs SV Undip)

Share this :