Himpunan Mahasiswa Bahasa Asing Terapan (HM BAT) SV Undip  sukses mengadakan kegiatan upacara pembukaan dan pendampingan untuk warga Desa Wisata Nongkosawit di Balai Kelurahan Nongkosawit baru-baru ini. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan organisasi mahasiswa tersebut dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD).

Upacara pembukaan diawali dengan sambutan dari Fitri Alfarisy, M.Hum. perwakilan prodi Bahasa Asing Terapan, Bapak Suwarsono selaku ketua Pokdarwis Desa Nongkosawit, dan Pak Al Choiri, S.H. selaku Lurah Nongkosawit. Upacara pembukaan ditandai dengan pemotongan nasi tumpang oleh Pak Alfa yang diiringi pukulan alat musik bonang oleh Sekar Fatinah selaku ketua tim P2MD HM BAT.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan dan sharing tentang beberapa tema, yang mencakup digital marketing desa wisata, prospek pekerjaan pemandu wisata, dan SOP pemandu wisata. Dalam sesi ini, para narasumber yang berpengalaman menyampaikan tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan para pengelola desa untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Desa Wisata Nongkosawit. Adapun narasumber dalam kegiatan pendampingan ini adalah Nur Laili Mardhiayni, M.I.Kom., Fitri Alfarisy, M.Hum., dan Lenggahing Asri D.E.S., M.Pd.

 Kegiatan pendampingan yang diikuti oleh kurang lebih 40 peserta ini berlangsung lancar. Para warga desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pendampingan mendapat banyak insights terkait dengan pengembangan desa. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang nantinya akan diikuti beberapa kegiatan lanjutan untuk membantu pengembangan desa wisata ini.

  (SDGs SV Undip)

 

Share this :