Himpunan Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Logistik (HMMAL) Sekolah Vokasi Undip pada berhasil lolos pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD).

Selama lima bulan sejak Juli hingga November 2023, HMMAL Vokasi Undip dengan dosen pendamping Riandhita Eri Werdani, SMB, MSM telah melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Bahari, Tambaklorok, Semarang.

Kegiatan pengabdian bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat Tanggap Bencana Pasang Air Laut (Rob) Melalui Pelatihan dan Pendampingan Humanitarian Logistik di Kampung Bahari Tambak Lorok Semarang” tersebut, HMMAL menggandeng BPBD Provinsi Jateng dan BPBD Kota Semarang.

Dipilihnya Tambak Lorok yang berlokasi di pesisir Laut Jawa ini dijelaskan Riandhita karena diwilayah ini kerap dilanda air laut yang pasang (rob).

Akibat dari banjir rob ini, timbul sejumlah permasalahan diantaranya Kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Serahkan Bantuan

Sejumlah kegiatan digelar antara lain edukasi humanitarian logistik sebagai upaya mitigasi bencana banjir rob.

Membentuk tim satuan tugas (satgas) yang sigap dan tanggap terhadap segala hal pemicu bencana banjir rob serta pembuatan dan pemasangan rambu-rambu evakuasi.

Selain itu, juga digelar simulasi evakuasi bencana banjir dan pendampingan pengelolaan sampah yang tepat untuk mengurangi risiko banjir.

“HMMAL juga memberikan bantuan berupa alat evakuasi dan APAR kepada warga,” kata Riandhita.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan edukasi humanitarian logistik, Rizal Hary Susanto dari BPBD Provinsi Jateng didampingi oleh Slamet Riyanto Ketua RW 15 Tambak Lorok dan Ali Imron selaku Ketua Satgas Tangguh Bahari.

Riandhita berharap, kegiatan P2MD HMMAL Undip ini membawa manfaat bagi warga Tambak Lorok. Terutama pengetahuan mengenai penanganan bencana banjir rob.

Sumber : https://www.suaramerdeka.com