Sekolah Vokasi UNDIP  terus berbenah guna Menjadi Pusat Pendidikan Vokasi (Terapan) yang Unggul dan Bertaraf Internasional. Berbagai upaya dan terobosan pun telah dilakukan Sekolah Vokasi UNDIP di sepanjang  tahun 2023. Diantaranya perbaikan dan penambahan sarana prasarana kampus yaitu dengan pembangunan Gedung Workshop Center Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, berbagai Teaching Factory yang menghasilkan produk Biodiesel dan Air Minum serta peralatan kelistrikan, IBC (Innovative Business Center), E-Learning Studio, Vocational Tax Corner, peningkatan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) dengan penyelenggaraan Capacity Building, penerapam BIM (Building Information Modelling),  hingga mewujudkan pelayanan prima bagi seluruh sivitas akademika. Dari segi metode pembelajaran, Sekolah Vokasi secara konsisten menerapkan Project Based Learning (PBL). Bahkan, prestasi akademik maupun non-akademik ditorehkan Sekolah Vokasi Undip selama setahun terakhir ini.

Dekan Sekolah Vokasi UNDIP Prof Dr. Ir.Budiyono, M.Si  menuturkan salah satu upaya Sekolah Vokasi UNDIP dalam meningkatkan kualitas lulusannya adalah dengan membekali para mahasiswa yang lulus tidak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga harus mempunyai sertifikat kompetensi. “Bukan sembarang sertifikat, ini adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga mahasiswa setelah lulus dari kampus siap berkompetisi di pasar kerja”ungkapnya

Budiyono menambahkan keunggulan Sekolah Vokasi dibandingkan dengan program S1 akademik adalah bahwa pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang lebih berorientasi pada praktek yaitu 70% praktek dibandingkan dengan S1 akademik yang hanya 30% praktek. Berbeda dengan S1 akademik yang berfokus pada pengembangan kemampuan akademik, ilmu pengetahuan, dan teknologi secara general, pendidikan vokasi berorientasi langsung pada berbagai keterampilan bekerja sebagai pengembangan kompetensi peserta didiknya.

Paradigma Pendidikan Vokasi Berubah

 Paradigma orang tua sekarang ini cenderung berubah sesuai dengan arah perkembangan jaman kalau dulunya mereka ingin menyekolahkan anaknya di program S1 akademik pada situasi sekarang ini mereka ingin anak mereka tetap menjadi sarjana tetapi sarjana yang mempunyai skill dan kompentensi agar ketika anak mereka lulus nanti  bisa langsung mendapatkan kerja.

Pendidikan vokasi merupakan jenjang pendidikan yang selalu dinamis dalam melakukan perubahan kurikulum pendidikan sesuai dengan pertumbuhan pasar kerja dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini berarti pendidikan vokasi akan selalu mengalami pergeseran paradigma.

Dalam  tahun 2023 ini banyak pencapaian yang telah diraih Vokasi UNDIP baik di kancah nasional maupun internasional diantaranya  Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) dan Teknologi Rekayasa Otomasi (TRO) Sekolah Vokasi UNDIP meraih Dana Hibah Program Competitive Fund Vokasi, 3 Dosen Vokasi UNDIP terima penghargaan dari DIKSI Kemendiknudristek 2023 di bidang Riset.

Sedangkan untuk prestasi mahasiswa, Sekolah Vokasi UNDIP setiap tahunnya berhasil mencetak 100 mahasiswa untuk menjadi menjadi seorang wirausahawan melalui Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi UNDIP, 4 mahasiswa Sekolah Vokasi UNDIP yang tergabung dalam Tim Paduan Suara UNDIP (PSM) Undip berhasil meraih prestasi di ajang Taipei International Choral Competition 2023, 18 Mahasiswa Prodi Bahasa Asing Terapan Vokasi UNDIP saat ini sedang magang di Jepang dan tahun depan jumlah itu akan bertambah menjadi 40 mahasiswa, serta mahasiswa Sekolah Vokasi UNDIP Juara 3 MAWAPRES Tingkat Nasional 2023. (SDGs SV Undip)