Sebanyak empat mahasiswa semester 5 dari Program Studi Ilmu Perpustakaan menjalani kegiatan Job Training di Digilib Sekolah Vokasi UNDIP. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu 35 hari, terhitung sejak tanggal 27 Desember 2023 hingga 16 Februari 2024. Job Training merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro yang juga menjadi bagian dari kurikulum wajib. Program ini menjadi penting dilakukan dengan tujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan akademis ke dalam lingkungan kerja praktis. Selama menjalani magang, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan mulai dari pengolahan, pelayanan, dan branding perpustakaan.

Dalam kegiatan pengolahan, mahasiswa melakukan kegiatan input data bibliografi buku ke dalam sistem, klasifikasi, katalogisasi, dan shelving (menata dan menempatkan buku pada rak sesuai sistem klasifikasi). Mereka juga bertanggung jawab mencetak kartu anggota serta mengunggah koleksi Tugas Akhir Mahasiswa ke Repository. Di bagian pelayanan, mahasiswa juga turut melayani pemustaka dalam memenuhi kebutuhannya, seperti cek plagiasi dan cek grammar. Lebih lanjut, mereka juga membantu dalam mengelola media sosial dengan membuat beragam konten yang menarik sebagai upaya branding perpustakaan.

Di samping itu, sekelompok mahasiswa tersebut bekerjasama dengan pustakawan Digilib SV dalam menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Pemakai. Kegiatan ini merupakan program inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai Digilib SV secara umum beserta layanan yang ada di dalamnya beserta cara menggunakannya kepada mahasiswa Sekolah Vokasi. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk webinar ini dilaksanakan secara daring pada Rabu, 7 Februari 2024 melalui media telekonferensi yang dihadiri sekitar 85 peserta.

Kegiatan Job Training ini disambut baik oleh pustakawan Digilib SV, “Mahasiswa job training dari prodi Ilmu Perpustakaan FIB Undip sangat kreatif dan inovatif. Mereka memiliki banyak ide dan inovasi untuk membantu mengembangkan layanan yang ada di perpustakaan seperti kemas ulang informasi serta mengoptimalkan layanan pemustaka menjadi lebih efektif dan efisien.” Ucap Oktavia selaku pustakawan Digilib SV. “Selain itu kami dari pihak perpustakaan juga banyak sharing dengan mereka untuk menambah pengetahuan kita terkait perpustakaan khususnya teknologi informasi. Dengan adanya mahasiswa job training tersebut, Perpustakaan Sekolah Vokasi Undip menjadi lebih terbantukan dalam memberikan layanan ke pemustaka serta meningkatkan branding perpustakaan dengan pemanfaatan teknologi informasi.” lanjutnya.