Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mencari mahasiswa-mahasiswa berprestasi di Indonesia yang mana dilakukan seleksi pada tingkat (1) Wilayah, (2) Awal Nasional, dan (3) Final Nasional. Sebelum mengirimkan mahasiswa untuk diikutsertakan pada acara Pilmapres tingkat nasional, UNDIP terlebih dahulu mengadakan proses seleksi yang cukup ketat pada tingkat Fakultas.

Pilmapres yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertujuan untuk memperkuat kesadaran pengelola universitas dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa, meningkatkan kesadaran universitas dalam memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, meningkatkan jumlah gagasan kreatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal dari universitas. Dengan diadakannya Pilmapres ini dapat menjadikan mahasiswa berperan aktif dalam berbagai posisi intelektual dan kepemimpinan pembangunan negeri ini.

Jumat, 23 Februari 2024 Sekolah Vokasi Undip telah mengadakan seleksi Pilmapres yang diikuti 13 mahasiswa dari berbagai program studi. Mahasiswa yang mengikuti Pilmapres adalah Rofik Wahyu (TRKI), Bayu Aji (PILAR), Addelia Abigael (TRKP), Jagat Sapta (TRO), Aulia Citra (PTRP), Natasya Apriliani (D3 PWK), Shakira Diva (Basing), Siti Zubaidah (AP), Iksiv Shilvana (MAL), Ahmad Imam (Inhum), Harisa Luthfiyana (D3 Adm. Pajak), Jestine Faulinsa (D3 Adm. Pajak), dan Umatul Khasanah (D3 Humas). Seleksi yang diikuti mahasiswa Pilmapres terdiri dari Portofolio Capaian Unggulan, Wawasan Kebangsaan, Bahasa Inggris, dan Naskah Inovatif Produk.

Adapun dosen yang menjadi juri dalam seleksi Pilmapres TIM I adalah sebagai berikut Riandhita Eri Werdani, S.M.B., M.S.M.; Dr. Aulia Windyandari, S.T., M.T. (sebagai juri portofolio capaian unggulan TIM I), Drs. Eko Ariyanto, M.T.; Dr. Dra. Luluk Fauziah, M.Si. (sebagai juri wawasan kebangsaan TIM I), Sri Utami Handayani, S.T., M.T.; Aditya Nur Patria, S.Hum., M.App.Ling. (sebagai juri basaha inggris TIM I), dan Mohamad Endy Julianto, S.T., M.T. (sebagai juri naskah produk inovatif TIM I). Sedangkan dosen yang menjadi juri dalam seleksi Pilmapres TIM II adalah sebagai berikut Dr. Intan Muning Harjanti, S.T., M.T.; Maya Aresteria, S.E., M.Si., Ak. (sebagai juri portofolio capaian unggulan TIM II), Anafil Windriya, S.E., M.M.; Sriwahyu Istana Trahutami, S.S., M.Hum. (sebagai juri wawasan kebangsaan TIM II), Fitri Alfarisy, S.Pd., M.Hum.; Hermawan Dwi Ariyanto, S.T., M.Sc., Ph.D. (sebagai juri bahasa inggris TIM II), dan Rizka Amalia, S.T., M.T. (sebagai juri naskah produk inovatif TIM II).

Sebelum mahasiswa melakukan pendaftaran Pilmapress, terdapat beberapa berkas yang perlu dipersiapkan seperti dokumen pendukung (sertifikat, hasil karya tulis, artikel, dan lain sebagainya), kemudian terdapat gagasan kreatif berupa karya tulis ilmiah, ringkasan dalam bentuk bahasa inggris, sertifikat kemampuan bahasa inggirs, dan tabel capaian unggulan. Para peserta atau mahasiswa Sekolah Vokasi dengan semangat membara mengikuti seleksi Pilmapres ini diharapkan dapat lolos dan menghasilkan karya-karya inovatif yang memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa.