Selasa 21 Mei 2024, Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan (TRKP) Sekolah Vokasi  Universitas Diponegoro turut berpartisipasi dalam ajang Business Matching 2024, di Kawasan Sains dan Teknologi Solo Techno Park. Berbagai inovasi dan potensi pendidikan vokasi di Jawa Tengah, ditampilkan dalam kegiatan Business Matching 2024 di Kawasan Sains dan Teknologi Solo Techno Park tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan menguatkan hubungan harmonis antara dunia industri dan pendidikan vokasi, mulai dari inovasi teknologi, motor listrik, otomotif, kriya, agrikultur, dan sebagainya.

Ketua Prodi TRKP Sekolah Vokasi Undip, Dr. Mohd. Ridwan, S.T., M.T mengatakan, dalam kesempatan ini Prodi TRKP Sekolah Vokasi Undip mengenalkan inovasi teknologi baru, yang diberi nama Arneyva. “Karya inovasi di bawah bimbingan dosen M. Sawal Baital, ST., MT bersama delapan mahasiswa yakni M. Fasihal Jinan, Osama Hendra Gandi Prayitno, M. Fahrul Rozy, Farah Haniyah Mumpuni, Nuur Lutfia Ayuningtyas, Ezra Zhafran, Amtsal Muzakky dan M. Habiburrihman suskses merancang Arneyva,” jelasnya Jumat (24/5/2024).

Arneyva dirancang di Pusat Desain Rekayasan Kapal Permukaan Sistem Kapal Selam Cerdas (Antificial Intelligent Surface Vessel and Submarine System Engineering Design Centre) Sekolah Vokasi Undip. Arneyva dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pekerja anjungan lepas pantai dengan perencanaan stabilitas, olah gerak, serta hambatan kapal yang memaksimalkan kinerja kapal, sehingga meminimalisir dari kecelakaan, serta memiliki desain haluan model X-Bow. Alat ini memiliki teknologi azimuth thruster, anti capsile dan live camera.

Ketua Prodi TRKP Sekolah Vokasi Undip pun berharap dengan adanya ajang seperti ini dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan perkembangan Iptek baik beskala nasional maupun Internasional.