Matsura, adalah mahasiswi Program Studi Teknik Listrik Industri dari Jepang, yang melaksanakan program Diponegoro Exchange Experience program (DEEP). Program tersebut berlangsung dari tanggal 20 Agustus 2023 hingga 30 September 2023.

Selama melaksanakan  Diponegoro Exchange Experience program (DEEP) Matsura akan mengikuti perkuliahan secara normal di Program Studi Teknik Listrik Industri Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Tentunya selama pelaksanaan  Diponegoro Exchange Experience program (DEEP) berlangsung Matsura juga dibantu oleh teman-teman dari Program Studio Teknik Listrik Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dari segi komunikasi dan penyesuaian lingkungan

Diponegoro Exchange Experience Program (DEEP) merupakan skema mobilitas mahasiswa paling terintegrasi yang disediakan oleh Universitas Diponegoro (Undip).

Program ini dirancang untuk mengakomodasi mahasiswa internasional baik dari Perguruan Tinggi/Universitas mitra maupun non-mitra di seluruh dunia untuk merasakan pengalaman 1 (satu) semester di Undip.

Mahasiswa dari universitas mitra dapat memperoleh kredit yang dapat ditransfer di universitas asal mereka. Dengan skema ini, mahasiswa dikategorikan sebagai mahasiswa Credit Transfer System (CTS). Dengan menggunakan skema CTS, mata kuliah yang diambil akan diakui oleh universitas asal dan dicatat dalam transkrip akademiknya ketika lulus.

Mahasiswa dari universitas non-mitra akan memperoleh kredit namun kredit tersebut tidak dapat ditransfer ke universitas asal mereka (dan disebut mahasiswa Credit Earned System (CES)). Mahasiswa dengan skema CES hanya mendapatkan Diploma Supplement. Namun dengan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program ini, maka universitas non mitra dapat mengajukan perjanjian akademik dengan kami, sehingga mahasiswa dapat mentransfer SKS yang diperolehnya selama program berlangsung. Seluruh peserta akan mendapatkan Sertifikat Prestasi dan Transkrip Akademik di akhir program.

Program ini didedikasikan bagi mahasiswa S1 untuk merasakan kehidupan akademis dan paparan multikultural di Universitas Diponegoro dan Indonesia pada umumnya. Peserta akan dimasukkan dalam Program Sarjana Internasional di Undip. (SDGs SV Undip)

 

Share this :