Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri (HMTRKI) Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro yang diinisiasi oleh Bidang Riset dan Keilmuan menyelenggarakan acara besar tahunan yang menjadi program unggulan yaitu Lomba tingkat Nasional yaitu Industrial Chemical Engineering National Competiton (ICEN-C) yang diikuti oleh siswa SMA/sederajat dan Mahasiswa PTN/PTS S1/D3/D4/Sederajat. Adapun tema yang dibawakan oleh ICEN-C tahun 2021 yaitu “Semarak Pengembangan Karya Inovatif dan Kreatif Berbasis Digital” dengan Ketua Pelaksana Carissa Rafifah Putri Yuris (TRKI 2020). Terdapat 4 sub-lomba pada ICEN-C 2021 ini yaitu KTI, Essay, Poster, dan Bussines Plan Competition (BPC). Dengan sub-tema diantaranya kesehatan, pendidikan, sains dan teknologi, ekonomi, industri pangan, lingkungan, dan industri kreatif.

Perlombaan ini diikuti oleh 100 lebih partisipan dari seluruh daerah di Indonesia dan diseleksi menjadi beberapa tim yang terpilih untuk mengikuti babak final pada Minggu, 21 November 2021 sekaligus pengumuman pemenang (Announcenment Ceremony). Lomba ICEN-C 2021 ini bersifat online dengan menggunakan platform Zoom Meeting dan Live Youtube. Juri-juri yang ada dalam acara ICEN-C ini sangat berpengalaman di bidangnya, dan nilai akhir dari para peserta pun tidak jauh berbeda sehingga terbukti kalau lomba ICEN-C ini sangat kompetitif.

Lomba ICEN-C 2021 ini dibuka dengan sambutan dari Dekan Sekolah Vokasi UNDIP yaitu Bapak Prof. Dr. Ir Budiyono M,Si. “Saya sangat menyambut baik adanya lomba ICEN-C yang diselenggarakan oleh HMTRKI SV UNDIP untuk menciptakan generasi-generasi kreatif di era digital yang saat ini banyak dikembangkan, semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi semangat untuk berinovasi bagi banyak orang” ucap Dekan Sekolah Vokasi UNDIP pada Opening Ceremony ICEN-C 2021. Serta turut hadir Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Ibu Dr. Eng. Vita Paramita, S.T, M.M, M.Eng yang mendukung penuh acara ICEN-C 2021 dengan harapan dapat menciptakan bibit unggul dalam berkreasi dan inovatif di era digital ini sehingga dapat menuju Indonesia Jaya. Adapun prakata yang disampaikan oleh para juara dan dewan juri juga memberikan feedback positif atas terlaksananya acara ICEN-C 2021 dengan adanya dukungan penuh dari banyak pihak terutama panitia yang telah merangkai dan menyukseskan acara ini sehingga ICEN-C 2021 dapat berjalan baik, lancar, dan kompetitif.

Berikut adalah pemenang lomba dari ICEN-C 2021:

Sub-Lomba Essay Tingkat Nasional Kategori SMA/Sederajat

Juara 1 : Ni Ketut Aprilliantari dan Made Alyashanti Radya Bulanda  Dengan judul essay “MathxUno Aplikasi Game Online Matematika Menggunakan Sistem Uno Untuk Mencegah Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Pada Siswa SD”. Mendapat perolehan nilai 90,25.

Juara 2 : Lie Anggie Chatlyne Winkie Barbie dan Ummi Fatimah Dengan judul essay “TRANS ANAK BANGSA (Transportasi Sehat untuk Anak Bangsa) Guna Pupus dan Hapus Penularan Covid-19 di Moda Transportasi Umum”. Mendapat perolehan nilai 90,25.

Juara 3      : Kania Siti Al-Fathi dan Novita Dwi Fitriani

Dengan judul Essay “S-LECATION (Smart Learning Education) Berbasis VR dan AR sebagai Wujud Inovasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan yang Berkualitas di Era Digital”. Mendapat perolehan nilai 87,5.

Sub-Lomba Poster Tingkat Nasional Kategori SMA/Sederajat

Juara 1: Valentinus Rendy Satria Wibawa dan Vincencius Putra Ariel Siregar (Funteam) dengan score 65.

Juara 2: Rafiqoh Wahidah dan Zaskia Thara Amanda (Cropused: Crossword Puzzle Sex Education) dengan score 64.

Juara Favorit: Jazzy Satrianing Pambudiluhur dan Vincencius Putra Ariel Siregar (SExTC: Sex Education for Teens and Children) dengan total likes di Instagram sebanyak 640.

Sub-Lomba Poster Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa

Juara 1: Muhammad Farhan Ismu Pratama dan Kania Putri Sakinah (UMKM IS BACK! Penjualan Meningkat Walau Terjerat) dengan score 71.

Juara 2: Sabrina Khairun Nisa dan Alfi Syahril (Strategi Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital) dengan score 68.

Juara Favorit: Agus Heriyanto dan Diva Egidia Permata (Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia dan Sektor Pendukungnya) dengan total likes di Instagram sebanyak 627.

Sub-Lomba Bussines Plan Competition Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa

Juara 1: Musyafak dan Silvi Eka Wulandari (PETES: Petani Online Shop) dengan score 85,8.

Juara 2: Ervan Nur Zain, Camelia Azzahra Hakim, Prima Puspowati (PetaniKita.id) dengan score 84,1.

Juara 3: Deni Saputra, Hazi Rofiqoh, Mukminah (DISERA : Digital Service App) dengan score 83,7.

Sub-Lomba KTI Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa

Juara 1: Bagus Prasetyo Aji, Rika Nur Amalia, dan Rachman Nur Rasyid. Dengan judul “EG Bioetanol : Platform Edukasi, Promosi, dan Sosialisasi Produk Bioetanol Eceng Gondok Sebagai Sumber Energi Alternatif” mendapatkan score 66,5.

Juara 2: Ibnu Abdulah, Novi Affitriani Jamail, Salsabila Claresta. Dengan judul “Penggunaan Sensor Elektrokimia Berbasis Differential Pulse Voltammetry Untuk Deteksi SARS-COV-2 yang Terintegrasi Smartphone” mendapatkan score 64,5.

Juara 3: Intan Sapitri dan Vitra Aftianto June. Dengan judul “Startegi Pemasaran Ayam Geprek Sewu Pada Saat Event Promo Kemerdekaan di Shopee Food” mendapatkan score 61,3.

Informasi lengkap mengenai perlombaan tersedia di Instagram official ICEN-C yaitu @icenc.undip.

Sampai jumpa di ICEN-C tahun depan!

Mulai chat
1
Cari info? Silahkan chat kami
Helpdesk Sekolah Vokasi
Hallo, ada yang bisa dibantu?