Di awal masa pandemi kemarin, banyak hal yang tidak bisa dilakukan dengan normal, kami mahasiswa di Undip yang merantau untuk menyelesaikan beberapa kegiatan akademik disini dengan kondisi yang serba terbatas ini, kami ingin berusaha tidak bergantung pada orang tua dengan salah satu cara membuat usaha yang dapat menambah beberapa pemasukan, sebuah produk yang lagi diminati masyarakat yaitu sabun kecantikan.

Hal itu membuat tim mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri yang diketuai oleh Dimas Perdana (TRKI 2018) dengan anggota tim Lulu Nafysa (TRKI 2018), Elvina Kiki (TRKI 2018), Laela Maya Ufa (TRKI 2018), dan Ahmad Walihul (TRKI 2018)  berinovasi dengan Pembuatan Sabun Handmade Dauja Soap Dengan Memanfaatkan Ekstrak Daun Jambu Air (Syzygium Aqueum) Sebagai Antiseptik Produk Dauja Soap mendapatkan pendanaan dalam Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro 2021. Dauja Soap ini menggunakan bahan baku antara lain  minyak kelapa sawit, minyak zaitun, coconat oil, vitamine e oil, metanol, daun jambu air segar, susu, aloevera, essential oil. Dari produk ini kami menekankan pada pemanfaatan daun jambu air yang dimana kandungannya sendiri mengandung antioksidan yang tinggi dan cocok untuk kulit.

Cara Pembuatan Dauja Soap ini pun sangat mudah yang pertama Daun jambu air dikeringkan dengan sinar matahari selama 3 hari selanjutnya Bunga seruni, daunt mint dan kulit jeruk mandarin kering dihaluskan menggunakan blender.Kemudian dimasukkan ke dalam toples dan masukkan metanol dengan perbandingan 1:10.Dilakukan proses ekstraksi menggunakan metode maserasi dingin. Lalu ekstrak tersebut ditambahkan dengan bahan yang lain lalu di cetak menggunakan cetakan sabun. Dauja Soap ini sudah melewati tahap uji organoleptik seperti bau, tekstur, ketahanan, dan warna. Kemudian sudah uji pH, sehingga siap dikemas dan dipasarkan.

Produk Dauja Soap ini dijual per buah dengan ukuran 85 gram dengan harga Rp. 19.500. Target pemasarannya yaitu para pelajar, masyarakat umum, tempat publik, apotek, puskesmas, dan rumah sakit. Omset yang didapatkan bisa mencapai 1.499.000/bulan. Pada proses pemasarannya, Dauja Soap menggunakan promosi sosial media melalui WhatsApp, Line, Instagram dan juga tik-tok. Lalu untuk pembelian juga bisa melalui e-commerce atau startup seperti shopee, tokopedia, lazada, dan juga tik-tok shop.

Dauja Soap ini terbukti selain dapat membersihikan dan melembabkan kulit, sabun ini juga berperan sebagai antiseptik yang dapat menghindarkan kulit kita dari bakteri-bakteri berbahaya dan memberikan efek rileksasi untuk tubuh. Produk sabun dengan berbahan dasar alami juga aman digunakan oleh orang berkulit sensitif karena sabun ini juga dapat mencegah kemerahan dan memberikan efek calming pada kulit.

Cp : 082140948055 Dimas Perdana

 

Mulai chat
1
Cari info? Silahkan chat kami
Helpdesk Sekolah Vokasi
Hallo, ada yang bisa dibantu?