Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro menggelar Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun pendanaan 2022, pada Kamis, 10 Maret 2022 secara daring. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Kemahasiswaan Sekolah Vokasi Undip ini dihadiri oleh Dosen Pembina Kemahasiswaan Program Studi, Senat Mahasiswa Vokasi Undip, beberapa Himpunan Prodi, dan juga mahasiswa vokasi dari berbagai prodi. Acara yang dipimpin oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi Undip, Dr. Ida Hayu Dwimawanti, MM, bertujuan untuk mendorong mahasiswa Vokasi Undip untuk dapat menyalurkan ide kreatif dan inovatif melalui kegiatan PKM tahun 2022.

Penyelenggaraan PKM pada tahun 2022 sedikit berbeda dengan PKM di tahun-tahun sebelumnya. PKM tahun ini terdiri atas 10 jenis PKM, yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM RisetSosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM Video Gagasan Konstruktif(PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI). Tahun 2022, PKM-GFK berubah menjadi PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) berubah menjadi PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT). Seluruh bidang PKM bermuara di PIMNAS, kecuali PKM-AI karena wujudnya sudah berupa artikel ilmiah yang siap dipublikasi.

Penjelasan singkat mengenai 10 jenis PKM tahun 2022 disampaikan oleh para pemateri dari Dosen Pembina Kemahasiswaan Sekolah Vokasi, yaitu Heny Kusumayanti, S.T., M.T., Nur Laili Mardhiyani, S.I.Kom., M.I.Kom., Maya Aresteria, S.E., M.Si.Akt., Adi Kurniawan Yusim, S.Si., M.T., dan Riandhita Eri Werdani, S.B.M., M.S.M. Pada kesempatan tersebut dipaparkan bahwa kegiatan ini mendorong mahasiswa untuk dapat berperan sebagai aktor intelektual yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi potensial , berdaya guna, serta bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat di sekitarnya melalui ide inovatif yang dimiliki.

Adapun materi Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) tahun 2022 ini menitikberatkan pada pedoman penulisan sendiri masing-masing jenis PKM, kriteria pengusulan, sumber dana, dan rekomendasi konversi sks yang mana sangat berdampak bagi mahasiswa. Kegiatan PKM ini juga merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka(MBKM) dan upaya pendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) untuk memberikan fasilitas lebih kepada mahasiswa yang mampu mengembangkan potensi dirinya.

Buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 dapat diunduh melalui link: https://drive.google.com/drive/u/2/folders/1xt2xQaSlGB4ELykOW9-Y6jigOY9zmP7r