Semarang, Sekolah Vokasi Undip saat ini sedang menyiapkan  PUKP (Pusat Unggulan Kajian Pariwisata). Banyak bidang ilmu di Sekolah Vokasi yang bisa ikut serta dalam mengembangkan program tersebut seperti prodi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (PTRP), Teknik Infrstruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur, Bahasa Asing Terapan, dan Informasi dan Humas (Inhum) yang bisa dimulai dari penataan lahan terbuka publik di wilayah Temanggung. Outputnya dapat mengembangkan kawasan pariwisata. Ini akan menjadi laboratorium atau studio bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di perkuliahan. Pokok pikiran tersebut dikemukakan Dekan Sekolah Vokasi Undip  Prof.Dr.Ir Budiyono,MSi saat melakukan penandatanganan Perjanjian  Kerjasama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Temanggung baru-baru ini di Gedung Dekanat Sekolah Vokasi Kampus Undip Tembalang Semarang.

Budiyono menambahkan  di Sekolah Vokasi  sistem Pendidikan yang paling menonjol adalah Teaching Industry. Intinya sistem pembelajaran sangat dekat dengan dunia kerja atau industri. Supaya dekat dengan dunia kerja, sistem pembelajaran dengan Project Based Learning (PBL). Masalah yang ada, akan dicari penyelesaiannya. Mahasiswa dekat dengan dunia nyata dan dunia industry. Salah satu bentuk Teaching Factoring yaitu pembelajaran di pusat unggulan teknologi (PUT). Masing-masing prodi memiliki satu PUT.

“Sistem Pendidikan di Sekolah Vokasi identik dengan aspek aplikasi/manfaat, aspek bukti nyata dengan output produk nyata yang bisa dirasakan dampaknya secara langsung oleh masyarakat. Seperti prodi PTRP, produk nyatanya kerjasama langsung dengan Kab.Temanggung adalah penyerahan produk  Studio Pengolahan Data Geospasial.

Sementara itu Kepala Dinas DPUPR Kab. Temanggung  Hendra Sumaryana, M.T berharap dari kerja sama yang sudah dilakukan ini  kedepannya bisa bermafaat bagi kedua belah pihak.

Semoga dengan adanya kerjasama ini para mahasiswa dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengasah ketrampilan dan kompetensinya.

Kerja sama seperti ini sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa guna mengasah keterampilan dan kompetensinya  untuk langsung terjun didunia kerja. Harpannya kerjasama dapat melibatkan disemua bidang dan kerjasama ini terus berlanjut”pungkasnya