Program Studi Sarjana Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Sekolah Vokasi Undip kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini S.Tr. Pilar menduduki juara 2 pada ajang “Sayembara Desa Wisata Logede (Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah)” dengan perwakilan mahasiswa Ahmad Amir Uddin dan Muhamad Farhan Asy’ari dengan mengangkat tema “BUMI SOKKA LOGEDE”. Kejuaraan ini juga membuktikan bahwa dosen dan mahasiswa mempunyai sinergi yang baik untuk mengembangkan progam studi S.Tr. Pilars untuk terus maju dan mampu berkontribusi untuk dunia kerja khususnya pengabdian kepada masyarakat.

Perlu diketahui, Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah merumuskan pengembangan 10 destinasi baru di Indonesia dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan kemudian dikenal dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (IKSPN). Salah satu yang termasuk dalam prioritas nasioanal yakni Borobudur. Perkembangan sektor kepariwisataan terus dilakukan pada daerah-daerah sekitar Borobudur termasuk Kabupaten Kebumen. Kepariwisataan Kebumen memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi lebih maju dengan modal alam dan budaya lokal, namun menurut data BPS Kabupaten Kebumen tahun 2020, kunjungan wisatawan di Kebumen mengalami stagnasi dan bahkan terjadi penurunan. Oleh karena itu, diperlukan terobosan baru dalam pengembangan pariwisata dengan pendekatan pedesaan berbasis kearifan lokal.

Konsep Pariwisata “Sapta Pesona” :

Sapta Pesona adalah jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan unsur kenangan.

Pengembangan Potensi Wisata Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal Pengemasan Paket Wisata

1) Paket Wisata Napak Tilas
Paket ini mengemas beberapa destinasi di Desa Logede, yaitu pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat, makam pahlawan desa, dan pabrik genteng yang disebut Tobong. aktivitas yang dapat dilakukan antara lain sejarah terbentuknya dan belajar membuat genteng di pabrik genteng.

2) Paket Wisata Live in di Logede
Wisatawan dapat merasakan bagaimana sensai tinggal di pedesaan dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat lokal. Wisatawan juga dapat melakukan beberapa aktivitas berupa bercocok tanam, ikut serta dalam proses pembuatan genteng tradisional, memasak makanan tradisional, melakukan kegiatan sosial, budaya, maupun keagamaan. (SDGs SV Undip)