Dua mahasiswa S1 Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik lolos program DPP Blended di PT Saptaindra Sejati (SIS) yang merupakan bagian dari Group PT Adaro Energy Tbk, yaitu Wahyu Dony K dan Bera Miranta (angkatan 2019).

Melalui program Diploma Prepareration Blended (DPP Blended) mahasiswa mendapatkan pengalaman magang di pertambangan batu bara khususnya pada proses perawatan alat berat. Program ini dilaksanakan 1 tahun, terbagi dalam 4 time frame yaitu :

  1. BMC (Basic mechanic course) adalah pelatihan yang diberikan kepada DPP yang dapat memberikan gambaran umum kepada peserta mengenai pengetahuan dasar alat berat. BMC dilaksanakan di Learning Centre PT SIS di Bekasi.
  2. Maintenance proses 1 yang dilakukan di jobsite (Kalimantan) seperti periodic inspection, periodic service, dan condition monitoring alat berat.
  3. Maintenance proses 2 seperti overhaul activity, remove and install, dan backlog activity.
  4. Field activity dan penyusunan tugas akhir.

Tentunya dalam time frame tersebut ada kegiatan training yang harus diikuti peserta seperti training spesialisasi dan product. Selain itu, peserta akan dievaluasi di tiap time frame dengan melakukan presentasi. Diharapkan peserta dapat memahami sistem maintenance yang ada di PT SIS.

Sebelumnya agar dapat mengikuti program DPP Blended ini mahasiswa melalui beberapa proses seleksi dari mulai pendaftaran sesuai syarat, psikotes, interview HR & LGD, interview user dan MCU. Apabila lolos maka peserta wajib mengikuti kegiatan program magang di PT SIS. Dalam pelaksanaan magang peserta mendapatkan fasilitas seperti uang saku, mess, makan, dan juga transportasi.

(SDGs SV Undip)