Desa Rembes Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang merupakan lokasi yang dipilih oleh dosen Teknik Listrik Industri Sekolah Vokasi Undip untuk melaksanakan Pengabdian Masyarakat. Tim Pengabdian Masyarakat tersebut terdiri dari Arkhan Subari, ST., M.Kom sebagai ketua tim beserta Drs. Eko Ariyanto, MT dan Ir. Saiful Manan, MT sebagai anggota tim pengabdian masyarakat. Diluar rutinitas mengajar, para dosen ini melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menciptakan lampu buatan sendiri dan diberi nama “Vokalite”. Pembuatan lampu LED melalui program teaching Factory sudah berjalan mulai tanggal 2 Oktober 2023. Melalui Program Teaching Factory Program Studi Teknik Listrik Industri siap membuat lampu LED dengan berbagai macam, yaitu mulai dari 7 watt, 9 watt, 12 watt, 15 watt, 20 watt, 30 watt dan 40 watt. Proses pembuatannya tidak luput melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Industri dengan tujuan agar mahasiswa juga mengerti bagaimana cara membuat lampu LED dari awal hingga proses quality control.

Penduduk Desa Rembes menyambut baik kedatangan tim pengabdian masyarakat dari Sekolah Vokasi Undip dan merasa terbantu dengan kehadiran lampu-lampu Vokalite. Mereka berterimakasih kepada dosen dan Sekolah Vokasi Undip. Kepala Desa Rembes Hj. Nur Arifah dan Kepala Dusun Kandangan Suyitno sangat mengapresiasi kepedulian dan karya nyata kampus Sekolah Vokasi Undip (melalui program studi Sarjana Terapan Teknik Listrik Industri) dalam pengabdian masyarakat tersebut.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, diharapkan dengan penerangan tersebut bisa memicu kreativitas, produktivitas sehingga kualitas hidup meningkat. “Sekarang lampu-lampu kami sudah menerangi jalan-jalan yang gelap di desa tersebut,” katanya. Ditambahkan bahwa para dosen mengembangkan lampu dengan teknologi canggih namun ramah lingkungan. Lampu-lampu ini tidak hanya memberikan cahaya yang terang. “Tetapi juga hemat energi, yang sangat penting bagi masyarakat pedesaan,” ujar Arkhan Subari, ST., M.Kom.