Summer course adalah salah satu program edukasi yang diselenggarakan untuk memfasilitasi kebutuhan akan topik yang diangkat. Program ini bertujuan mendukung usaha mewujudkan visi dan misi Universitas Diponegoro sebagai World Class University dan misi Sekolah Vokasi bertaraf internasional. Kegiatan ini juga berskala internasional dalam lingkup Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV UNDIP) yang diharapkan dapat lebih meningkatkan citra internasional dan daya saing dari SV UNDIP, serta mendatangkan manfaat bagi sivitas akademika di dalamnya. Summer course ini merupakan salah satu agenda Vocational International Program (VIP) yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia. Tujuannya adalah untuk membawa semangat internasional yang dibalut dengan suasana tradisional Indonesia. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, beraneka ragam kegiatan pendidikan dan kebudayaan dilaksanakan.

Pada tahun 2023, Kegiatan Summer course dilaksanakan secara daring dan luring selama 5 hari, pada tanggal 31 Juli – 04 Agustus 2023 dengan tema utama Campus Summer course: Discovering Sustainable Green Energy Technology. Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber dari dalam dan luar negeri yang memaparkan berbagai materi terkait dengan Green Energy Technology, sebagai berikut :

  • Global Energy Trends and Energy Technology Perspective 2023
  • Sustainable Green Energy Technology
  • Energy from Waste: The Sustainable Solution for Both Managing Waste and Generating Energy
  • Advance Power Electronic Technology
  • Current Technology of Biodiesel Production In Indonesia
  • Workshop Labworks in biodiesel production at miniplant
  • Solar Panel Vocational School Universitas Diponegoro

Peserta untuk kegiatan Peserta Summer course ini adalah mahasiswa internasional dari luar negeri maupun mahasiswa di lingkungan SV UNDIP dengan jumlah 55 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut :

Negara Jumlah
Afghanistan 1
Egypt 1
Ireland 1
Kamerun 1
Kyrgyz Republic 1
Kyrgyzstan 1
Kyrgyzstan 3
Malaysia 3
Mali 1
Nigeria 2
Nigeria 7
Pakistan 5
Pakistan 5
Saudi Arabia 1
Sierra Leone 1
Somalia 5
South Sudan 1
Sudan 2
Sudan 1
Tanzania 1
Thailand 3
Timor-Leste 1
Uganda 4
Yaman 3

 

Program Studi Jumlah
Prodi STr. Rekayasa Perancangan Mekanik 13
Prodi STr. Teknik Listrik Industri 9
Prodi STr. Teknologi Rekayasa Kimia Industri 13
Prodi STr. Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan 7
Prodi STr. Teknologi Rekayasa Otomasi 13